SILABUS PEMBELAJARAN
SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I
TUGAS
diajukan Untuk Memenuhi Salah
Satu Tugas Terstruktur
Pada
Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran
Oleh:
kELOMPOK
1
Yuli
Ely Hermanti : 2410.002
Rora
Tri Suryaningsih : 2410.010
Elfi
Wahyuni : 2410.017
Elmi
Juita : 2410.022
Rahma
Putri : 2410.027
Rizki
Jumiati : 2410.038
Fandi
Pratama : 2410.041
dosen Pembimbing:
M. Imamuddin,
M.Pd
dddd
OJURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2012 M/1433 H
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah : .................................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester : I (satu)
BILANGAN
Standar
Kompetensi : 1. Memahami sifat-sifat
operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah
|
Melakukan diskusi tentang jenis-jenis
bilangan bulat (pengulangan)
Menyebutkan bilangan
bulat
Mengidentifikasikan
besaran sehari-hari
yang menggunakan bilangan bulat.
|
·
Memberikan contoh bilangan bulat
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tulislah 5 bilangan bulat yang
lebih dari -3 dan kurang dari 10
|
1x40 menit
|
Buku teks
|
Membuat
garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
|
·
Menentukan letak
bilangan bulat pada garis bilangan
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3
pada garis bilangan tersebut!
|
1x40 menit
|
|||
Mendiskusikan
cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat
termasuk operasi campuran
Mendiskusikan
cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif
dengan negatif dan positif dengan negatif
|
·
Melakukan operasi tambah, kurang,
kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
A. Hitunglah
1. 4 + (-7) = .
2. -3 –(-8) =.
3. 8x(-12)=.
4. (-36):4=.
5. -4 + 7 x -2 = .
B.
Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak
kotak yang harus disediakan?
|
2x40 menit
|
|||
Mendiskusikan
untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga.
|
·
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga
bilangan bulat.
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
Berapakah
a. (-5)
b. 43
c.
d.
|
2x40 menit
|
|||
Mendiskusikan
jenis-jenis bilangan pecahan
Menyebutkan
bilangan pecahan.
Membuat
garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan.
|
·
Memberikan contoh
berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen.
|
Tes
tertulis
|
Isian singkat
|
Tulislah
beberapa contoh bilangan pecahan masing-masing dalam bentuk:
a.
Pecahan biasa
b.
Desimal
c.
persen.
|
1x40 menit
|
|||
Mendiskusikan
bilangan pecahan senilai
Mendiskusikan
cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
|
·
Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang
lain.
·
Mengurutkan bilangan bentuk pecahan
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
1. Ubahlah bilangan 1 dalam
bentuk desimal dan persen
2. Ubahlah bilangan 0,75 dalam
bentuk persen dan pecahan biasa.
3. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil.
|
2x40 menit
|
|||
Melakukan
operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.
Menuliskan
bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron).
Mendiskusikan
cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal.
|
·
Menyelesaikan operasi hitung tambah,
kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
Hitunglah:
1. .
2,5 +
3,75 = .
2. 21,2
- 9,85 =
3. 1
½ x
2/3 = .
4.
¾ :
½ = .
5.
1,25 +1= .
|
4x40 menit
|
|||
1.2 Menggunakan
sifat-sifat opera-si hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pe-mecahan
masalah.
|
Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah
|
Melakukan
diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan
bulat(pengulangan)
|
·
Menemukan sifat-sifat operasi tambah,
kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Isilah
titik-titik berikut ini
1. a. 9 +
6 =
b.
6 + 9 =
Jadi 9 + 6 = .+ .
Apa
yang dapat kamu simpulkan.
2. a. 3 x
(5 x 4) =
b. (3 x 5) x 4 = .
Jadi 3 x (5 x 4) = (.x.) x .
Apa
yang dapat kamu simpulkan.
|
2x40 menit
|
Buku teks,
lingkungan
|
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan sifat-sifat
penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan dan penarikan
akar pada operasi campuran.
|
·
Menggunakan sifat-sifat operasi
tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran bilangan bulat
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Hasil
dari:
=
|
2x40 menit
|
|||
Melakukan
diskusi cara menggunakan operasi
hitung tambah, kurang, kali atau bagi
dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat
|
·
Menggunakan sifat-sifat operasi bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Pada
hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada
Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13
butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan,
Yudha, dan Novan?
|
2x40 menit
|
|||
Melakukan
diskusi cara menggunakan operasi
hitung tambah, kurang, kali atau bagi
dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan.
|
·
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya
dalam kejadian sehari-hari.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dalam
sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa
kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut?
|
3x40 menit
|
|||
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar,
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
|
Bentuk aljabar
|
Mendiskusikan
pengertian bentuk aljabar
Mendiskusikan
tentang variabel, konstanta,
koefisien,faktor, suku dan suku sejenis
|
·
Menjelaskan pengertian, koefisien,
variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
|
Tes lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
1. Dari bentuk aljabar 2x + 3,
manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan
konstanta?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.
|
2x40 menit
|
Buku Teks,
lingkungan
|
2.2 Melakukan operasi pada
bentuk aljabar
|
Bentuk aljabar
|
Melakukan
operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada
bentuk aljabar.
|
·
Melakukan operasi hitung, tambah,
kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Hitunglah:
1. 2x+3+ 5x-6
2. 4xy 2x
3. (4x)2
: 2x
|
4x40 menit
|
Buku teks,
lingkungan
|
Menggunakan
sifat operasi hitung untuk menyelesaikan soal yang dinyatakan
dalam bentuk aljabar.
Melakukan
operasi hitung pada pecahan biasa
untuk menyelesaikan pecahan aljabar dengan
penyebut satu suku
|
·
Menerapkan operasi hitung pada bentuk
aljabar untuk menyelesaikan soal
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Suatu
persegipanjang, panjang 2x cm, lebar 3x cm. Nyatakan luas dan kelilingnya
dalam x.
|
2x40 menit
|
|||
2.3.Menyele-saikan per-samaan linear satu variabel.
|
Persamaan
linear satu variabel.
|
Mendiskusikan
PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
·
Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk
dan variabel
|
Tes lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
Manakah yang
merupakah PLSV?
a.
2x = 5
b.
5y
c.
9g – 4 = 10
d.
6 – 5m = 2
e.
2x² = 18
|
1x40 menit
|
Buku teks
|
Mendiskusikan
cara menentukan bentuk setara dari PLSV
dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi
dengan bilangan yang sama
|
·
Menentukan bentuk setara dari PLSV
dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan
bilangan yang sama
|
Tes tertulis
|
Pilihan ganda
|
Manakah yang
setara dengan
-5x + 2 = 4?
a. 5x – 2 = -4
b. 10x + 4 = 8
c. -10x – 4 =
8
d. 10x – 4 =
-8
|
2x40 menit
|
|||
Menyelesaikan
PLSV untuk mencari penyelesaiannya
|
·
Menentukan penyelesaian PLSV
·
Menentukan penyelesaian PLSV
dalam bentuk pecahan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikanlah
persamaan berikut
a.
5y – 12 = 8.
b.
|
2x40 menit
|
|||
2.4 Menyele-saikan per-tidaksama-an linear satu variabel.
|
Pertidaksama-
an linear satu variabel.
|
Mendiskusikan
pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel.
|
·
Menjelaskan PtLSV dalam
berbagai bentuk dan variabel
|
Tes lisan
|
Daftar
Pertanyaan
|
Manakah yang
merupakan PtLSV?
a. 3a + 5 > 2
b. -4h + 4 ≤ 5
c. 8x -7
= 10
d. 5y ≥
10
e. 3 > -5
|
1x40 menit
|
Buku teks,
lingkungan
|
Mendiskusikan
cara menentukan bentuk setara dari PtLSV
dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi
dengan bilangan yang sama
|
·
Menentukan bentuk setara
dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi
dengan bilangan yang sama.
|
Tes tertulis
|
Plihan ganda
|
Bentuk yang
setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah
a. 5x – 7
≥ 9
b. 6x + 8
≥ 10
c. 3x – 4
≥ 5
d. -3x +
4 ≥ -5
|
2x40 menit
|
|||
Menyelesaikan
PtLSV untuk mencari akar persamaan
|
·
Menentukan penyelesaian
PtLSV
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikanlah 3m – 2 ≤ 10.
|
2x40 menit
|
|||
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (satu)
Standar Kompetensi: 3. Menggunakan bentuk aljabar,
persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Membuat ma-tematika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan dan
perti-daksama-an linear satu variabel.
|
Persamaan dan
pertidak-samaan linear satu variabel.
|
Mendiskusikan
matematika
Mengubah
masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
|
·
Mengubah masalah ke
dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
sugi membeli 3 kg gula pasir. Dia
membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian
sebesar Rp3.500,00.
Nyatakanlah ke dalam matematika jika harga
gula x rupiah setiap kg.
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
Membuat
matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu
variabel
|
·
Mengubah masalah kedalam matematika
berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Umur daryono 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun. Nyatakanlah
ke dalam matematika, jika umur daryono x tahun.
|
1x40 menit
|
|||
3.2 Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan
persamaan linear satu variabel.
|
Persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika
berbentuk persamaan linear satu variabel
|
·
Menyelesaikan matematika
suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda
|
ijul membeli 2 buku. Uang ijul
sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga
1 buku adalah
a.
Rp2.000,00
b.
Rp3.000,00
c.
Rp4.000,00
d.
Rp6.000,00
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika
berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
|
·
Menyelesaikan matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear
satu variabel
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda
|
Umur dwi 3
tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur dwi sekarang:
A. kurang
dari 28 tahun
B. 28
tahun
C. 25
tahun
D. 22
tahun
|
2x40 menit
|
|||
3.3 Menguna-kan konsep aljabar da-lam peme-cahan ma-salah arit-metika
so-sial yang sederhana.
|
Perbandingan
dan aritmetika sosial.
|
Melakukan
simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli)
Mendiskusikan
pengertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai
sebagian.
|
·
Menghitung nilai
keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga 1 lusin
pensil adalah Rp18.000,00.
a. Berapakah
harga 1 buah pensil?
b. Berapakah
harga 5 buah pensil?
|
2x40 menit
|
Buku teks,
uang, barang-barang yang biasa diper-jualbelikan, bank.
|
Mendiskusikan
dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga
beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi
|
·
Menentukan besar dan
persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam
kegiatan ekonomi.
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan
ganda
|
Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah
televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil
untung sebesar 10%.
Harga beli televisi itu adalah:
a.
Rp1.815.000,00
b.
Rp1.600.000,00
c.
Rp1.500.000,00
d.
Rp1.485.000,00
|
2x40 menit
|
|||
3.4 Mengguna- kan per-bandingan untuk pe-mecahan
masalah.
|
Perbandingan
|
Mendiskusikan
pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
Menyebutkan
contoh-contoh gambar berskala.
|
·
Menjelaskan pengertian skala sebagai
suatu perbandingan.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Pada suatu peta
tertulis:
skala 1 :
100.000.
Apakah
arti skala 1 : 100.000 tersebut?
|
1x40 menit
|
Buku teks, peta, foto
|
Mengidentifikasi
faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
Melakukan
penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
|
·
Menghitung faktor perbesaran dan
pengecilan pada gambar berskala.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Suatu jalan
yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya?
|
2x40 menit
|
|||
Mendiskusikan
perbandingan seharga (senilai) dan
berbalik harga (nilai).
Menyebutkan
contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga
(senilai) dan berbalik harga (nilai).
|
·
Memberikan contoh masalah sehari-hari
yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Berilah contoh dalam kehidupan
sehari-hari yang merupakan:
a. perbandingan
senilai
b. perbandingan
berbalik nilai
|
2x40 menit
|
|||
Menggunakan
perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai) untuk menyelesaikan
soal/ masalah sehari-hari
|
·
Menyelesaikan soal yang melibatkan
perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Pembangunan sebuah gedung memakan
waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang,
maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah
|
2x40 menit
|
|||
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
|
Keterangan:
Sesuai
Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan
pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( .........................................................
)
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.
( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar