SILABUS PEMBELAJARAN
SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I
TUGAS
diajukan Untuk Memenuhi Salah
Satu Tugas Terstruktur
Pada
Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran
Oleh:
kELOMPOK
1
Yuli
Ely Hermanti             : 2410.002
Rora
Tri Suryaningsih       : 2410.010
Elfi
Wahyuni                    : 2410.017
Elmi
Juita                         : 2410.022
Rahma
Putri                     : 2410.027
Rizki
Jumiati                    : 2410.038
Fandi
Pratama                  : 2410.041
dosen Pembimbing:
M. Imamuddin,
M.Pd
dddd
OJURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN  MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) 
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2012 M/1433 H
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah                 : .................................
Kelas                    : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    :
Matematika
Semester              : I (satu)
BILANGAN 
Standar
Kompetensi : 1.  Memahami sifat-sifat
operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
| 
Kompetensi 
Dasar | 
Materi 
Pembelajaran | 
Kegiatan
  Pembelajaran  | 
Indikator
  Pencapaian Kompetensi | 
Penilaian | 
Alokasi 
Waktu | 
Sumber  
Belajar | ||
| 
Teknik | 
Bentuk  | 
Contoh Instrumen | ||||||
| 
1.1 Melakukan
  operasi hitung bilangan bulat dan pecahan | 
Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah | 
Melakukan  diskusi tentang jenis-jenis
  bilangan bulat (pengulangan) 
Menyebutkan bilangan
  bulat 
Mengidentifikasikan
  besaran sehari-hari
  yang menggunakan bilangan bulat. | 
·  
  Memberikan contoh bilangan bulat  | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Tulislah 5 bilangan bulat yang
  lebih dari -3 dan kurang dari 10 | 
1x40 menit | 
Buku teks | 
| 
Membuat
  garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan | 
·  
  Menentukan letak
  bilangan bulat pada garis bilangan  | 
Tes
  tertulis | 
Uraian |  
Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3
  pada garis bilangan tersebut! | 
1x40 menit | |||
| 
Mendiskusikan
  cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat
  termasuk operasi campuran 
Mendiskusikan
  cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif
  dengan negatif dan positif dengan negatif | 
·  
  Melakukan operasi tambah, kurang,
  kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran. | 
Tes
  tertulis | 
Uraian | 
A. Hitunglah 
    1. 4 + (-7) = . 
    2. -3 –(-8) =. 
    3. 8x(-12)=.  
    4. (-36):4=. 
    5. -4 + 7 x -2 = . 
B.
  Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak
  kotak yang harus disediakan? | 
2x40 menit | |||
| 
Mendiskusikan
  untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar
  pangkat tiga. | 
·  
  Menghitung kuadrat dan pangkat tiga
  bilangan bulat. | 
Tes
  tertulis | 
Uraian | 
Berapakah 
 a. (-5)   
 b.  43
    
 c.    
 d.   | 
2x40 menit | |||
| 
Mendiskusikan
  jenis-jenis bilangan pecahan 
Menyebutkan
  bilangan pecahan. 
Membuat
  garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan. | 
·  
  Memberikan contoh
  berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen. | 
Tes
  tertulis | 
Isian singkat | 
Tulislah
  beberapa contoh bilangan pecahan masing-masing dalam bentuk: 
a.
  Pecahan biasa 
b.
  Desimal 
c.
  persen. | 
1x40 menit | |||
| 
Mendiskusikan
  bilangan pecahan senilai 
Mendiskusikan
  cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain. | 
·  
  Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang
  lain. 
·      
  Mengurutkan bilangan bentuk pecahan | 
Tes
  tertulis | 
Uraian | 
1. Ubahlah bilangan 1   dalam
  bentuk desimal dan persen 
2. Ubahlah bilangan 0,75 dalam
  bentuk  persen dan pecahan biasa. 
3. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil.   | 
2x40 menit | |||
| 
Melakukan
  operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan. 
Menuliskan
  bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron). 
Mendiskusikan
  cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal.  | 
·      
  Menyelesaikan operasi hitung tambah,
  kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran. | 
Tes
  tertulis | 
Uraian | 
Hitunglah: 
1. .
  2,5  + 
  3,75 = .  
2.  21,2 
  -  9,85 =  
3. 1
  ½  x 
  2/3 = . 
4.
  ¾  : 
  ½  = . 
5.
  1,25 +1= . | 
4x40 menit | |||
| 
1.2   Menggunakan
  sifat-sifat opera-si hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pe-mecahan
  masalah. | 
Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah | 
Melakukan
  diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan
  bulat(pengulangan) | 
·      
  Menemukan sifat-sifat operasi tambah,
  kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat. | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Isilah
  titik-titik berikut ini 
1.    a. 9 +
  6 =   
     b.
  6 + 9 =  
   Jadi 9 + 6 = .+ . 
Apa
  yang dapat kamu simpulkan. 
2.    a. 3 x
  (5 x 4) =  
     b. (3 x 5) x 4 = . 
   Jadi 3 x (5 x 4) = (.x.) x .  
Apa
  yang dapat kamu simpulkan. | 
2x40 menit | 
Buku teks,
  lingkungan | 
| 
Menyelesaikan
  masalah  dengan menggunakan sifat-sifat
  penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan dan penarikan
  akar pada operasi campuran. | 
·  
  Menggunakan sifat-sifat operasi
  tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat  | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Hasil
  dari:  =  | 
2x40 menit | |||
| 
Melakukan
  diskusi  cara menggunakan operasi
  hitung tambah, kurang,  kali atau bagi
  dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat | 
·      
  Menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah
  yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Pada
  hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada
  Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13
  butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan,
  Yudha, dan Novan? | 
2x40 menit | |||
| 
Melakukan
  diskusi  cara menggunakan operasi
  hitung tambah, kurang,  kali atau bagi
  dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan. | 
·  
  Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
  tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya
  dalam kejadian sehari-hari. | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Dalam
  sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa
  kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut? | 
3x40 menit | |||
| 
v     
  Karakter
  siswa yang diharapkan :   Disiplin
  ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence
  )  
Tanggung jawab ( responsibility
  ) | ||||||||
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah                 :
.................................
Kelas                    :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester              :
I (satu)
ALJABAR 
Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar,
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
| 
Kompetensi  
Dasar | 
Materi 
Pembelajaran | 
Kegiatan
  Pembelajaran  | 
Indikator
  Pencapaian   Kompetensi   | 
Penilaian | 
Alokasi 
Waktu | 
Sumber  
Belajar | ||
| 
Teknik | 
Bentuk | 
Contoh Instrumen | ||||||
| 
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya | 
Bentuk aljabar | 
Mendiskusikan
  pengertian bentuk aljabar 
Mendiskusikan
  tentang variabel, konstanta,
  koefisien,faktor, suku dan suku sejenis | 
·  
  Menjelaskan pengertian, koefisien,
  variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis. | 
Tes lisan | 
Daftar
  pertanyaan | 
1. Dari bentuk aljabar  2x + 3,
  manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan
  konstanta? 
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta. | 
2x40 menit | 
Buku Teks,
  lingkungan | 
| 
2.2 Melakukan operasi pada
  bentuk aljabar | 
Bentuk aljabar | 
Melakukan
  operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada
  bentuk aljabar. | 
·  
  Melakukan operasi hitung, tambah,
  kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar. | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Hitunglah: 
1. 2x+3+ 5x-6 
2. 4xy   2x 
3. (4x)2
  : 2x  | 
4x40 menit | 
Buku teks,
  lingkungan | 
| 
Menggunakan
  sifat operasi hitung  untuk menyelesaikan soal yang dinyatakan
  dalam bentuk aljabar. 
Melakukan
  operasi  hitung pada pecahan biasa
  untuk menyelesaikan pecahan aljabar dengan
  penyebut satu suku  | 
·  
  Menerapkan operasi hitung pada bentuk
  aljabar untuk menyelesaikan soal | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Suatu
  persegipanjang, panjang 2x cm, lebar 3x cm. Nyatakan luas dan kelilingnya
  dalam x. | 
2x40 menit | |||
| 
2.3.Menyele-saikan per-samaan linear satu variabel. | 
Persamaan
  linear satu variabel. | 
Mendiskusikan
  PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | 
·  
  Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk
  dan variabel | 
Tes lisan | 
Daftar
  pertanyaan | 
Manakah yang
  merupakah PLSV? 
a.       
  2x = 5 
b.       
  5y 
c.       
  9g – 4 = 10 
d.       
  6 – 5m = 2 
e.       
  2x² = 18 | 
1x40 menit | 
Buku teks | 
| 
Mendiskusikan
  cara menentukan bentuk setara dari PLSV 
  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi
  dengan  bilangan yang sama  | 
·  
  Menentukan bentuk setara dari PLSV
  dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan
  bilangan yang sama | 
Tes tertulis | 
Pilihan    ganda | 
Manakah yang
  setara dengan  
-5x + 2 = 4? 
a. 5x – 2 = -4 
b. 10x + 4 = 8 
c. -10x – 4 =
  8 
d. 10x – 4 =
  -8 | 
2x40 menit | |||
| 
Menyelesaikan
  PLSV untuk mencari penyelesaiannya | 
·  
  Menentukan penyelesaian PLSV 
·  
  Menentukan penyelesaian PLSV
  dalam bentuk pecahan | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Selesaikanlah
  persamaan berikut 
a.                
  5y – 12 = 8. 
b.                
    | 
2x40 menit | |||
| 
2.4 Menyele-saikan per-tidaksama-an linear satu variabel. | 
Pertidaksama-
  an linear satu variabel. | 
Mendiskusikan
  pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel. | 
·  
  Menjelaskan PtLSV dalam
  berbagai bentuk dan variabel | 
Tes lisan | 
Daftar
  Pertanyaan | 
Manakah yang
  merupakan PtLSV? 
a.   3a + 5 > 2 
b.   -4h + 4 ≤ 5 
c.       8x -7
  = 10 
d.       5y ≥
  10 
e.   3 > -5 | 
1x40 menit | 
Buku teks,
  lingkungan | 
| 
Mendiskusikan
  cara menentukan bentuk setara dari PtLSV 
  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi
  dengan bilangan yang sama | 
·  
  Menentukan bentuk setara
  dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi
  dengan bilangan yang sama. | 
Tes tertulis | 
 Plihan ganda | 
Bentuk yang
  setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah 
a.       5x – 7
  ≥ 9 
b.       6x + 8
  ≥ 10 
c.       3x – 4
  ≥ 5 
d.       -3x +
  4 ≥ -5 | 
2x40 menit | |||
| 
Menyelesaikan
  PtLSV untuk mencari akar persamaan | 
·  
  Menentukan penyelesaian
  PtLSV | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Selesaikanlah  3m – 2 ≤ 10. | 
2x40 menit | |||
| 
v     
  Karakter
  siswa yang diharapkan :   Disiplin
  ( Discipline ) 
Rasa hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun ( diligence
  )  
Tanggung jawab ( responsibility
  ) | ||||||||
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah                 :
.................................
Kelas                    :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester              :
I (satu)
Standar Kompetensi: 3. Menggunakan bentuk aljabar,
persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam
pemecahan masalah.
| 
Kompetensi  
Dasar | 
Materi 
Pembelajaran | 
Kegiatan
  Pembelajaran  | 
Indikator
  Pencapaian   Kompetensi   | 
Penilaian | 
Alokasi 
Waktu | 
Sumber  
Belajar | ||
| 
Teknik | 
Bentuk | 
Contoh Instrumen | ||||||
| 
3.1 Membuat ma-tematika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan dan
  perti-daksama-an linear satu variabel. | 
Persamaan dan
  pertidak-samaan linear satu variabel. | 
Mendiskusikan
  matematika 
Mengubah
  masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel | 
·  
  Mengubah masalah ke
  dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel | 
Tes tertulis | 
 Uraian | 
sugi membeli 3 kg gula pasir. Dia
  membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian
  sebesar Rp3.500,00.  
Nyatakanlah ke dalam matematika jika harga
  gula x rupiah setiap kg. | 
2x40 menit | 
Buku teks, lingkungan | 
| 
Membuat
  matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu
  variabel | 
·  
  Mengubah masalah kedalam matematika
  berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel | 
Tes tertulis | 
 Uraian | 
Umur daryono 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun. Nyatakanlah
  ke dalam matematika, jika umur daryono x tahun. | 
1x40 menit | |||
| 
3.2 Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan
  persamaan linear satu variabel. | 
Persamaan dan
  pertidaksamaan linear satu variabel | 
Menyelesaikan
  masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika
  berbentuk persamaan linear satu variabel | 
·  
  Menyelesaikan matematika
  suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel | 
Tes tertulis | 
Tes pilihan ganda | 
ijul membeli 2 buku. Uang ijul
  sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga
  1 buku adalah 
a.      
  Rp2.000,00 
b.      
  Rp3.000,00 
c.      
  Rp4.000,00 
d.      
  Rp6.000,00  | 
2x40 menit | 
Buku teks, lingkungan | 
| 
Menyelesaikan
  masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika
  berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel | 
·  
  Menyelesaikan  matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear
  satu variabel  | 
Tes tertulis | 
Tes pilihan ganda | 
Umur dwi 3
  tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur dwi sekarang: 
A.     kurang
  dari 28 tahun 
B.     28
  tahun 
C.     25
  tahun 
D.     22
  tahun | 
2x40 menit | |||
| 
3.3 Menguna-kan konsep aljabar da-lam peme-cahan ma-salah arit-metika
  so-sial yang sederhana. | 
Perbandingan
  dan aritmetika sosial. | 
Melakukan
  simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli) 
Mendiskusikan
  pengertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai
  sebagian. | 
·  
  Menghitung nilai
  keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian. | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Harga 1 lusin
  pensil adalah Rp18.000,00. 
a.    Berapakah
  harga 1 buah pensil? 
b.    Berapakah
  harga 5 buah pensil? | 
2x40 menit | 
Buku teks,
  uang, barang-barang yang biasa diper-jualbelikan, bank. | 
| 
Mendiskusikan
  dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga
  beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi | 
·  
  Menentukan besar dan
  persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam
  kegiatan ekonomi. | 
Tes tertulis | 
Tes pilihan
  ganda | 
Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah
  televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil
  untung sebesar 10%. 
Harga beli televisi itu adalah: 
a.       
  Rp1.815.000,00 
b.       
  Rp1.600.000,00 
c.       
  Rp1.500.000,00 
d.       
  Rp1.485.000,00 | 
2x40 menit | |||
| 
3.4 Mengguna- kan per-bandingan untuk pe-mecahan
  masalah. | 
Perbandingan | 
Mendiskusikan
  pengertian skala sebagai suatu perbandingan. 
Menyebutkan
  contoh-contoh gambar berskala. | 
·  
  Menjelaskan pengertian skala sebagai
  suatu perbandingan. | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Pada suatu peta
  tertulis:  
        skala 1 :
  100.000. 
Apakah
  arti skala 1 : 100.000 tersebut? | 
1x40 menit | 
Buku teks, peta, foto | 
| 
Mengidentifikasi
  faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala. 
Melakukan
  penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala. | 
·  
  Menghitung faktor perbesaran dan
  pengecilan pada gambar berskala. | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Suatu jalan
  yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya? | 
2x40 menit | |||
| 
Mendiskusikan
  perbandingan seharga (senilai) dan 
  berbalik harga (nilai). 
Menyebutkan
  contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga
  (senilai) dan berbalik harga (nilai). | 
·  
  Memberikan contoh masalah sehari-hari
  yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | 
Tes tulis | 
Uraian | 
Berilah contoh dalam kehidupan
  sehari-hari yang merupakan:  
a.       perbandingan
  senilai 
b.       perbandingan
  berbalik nilai | 
2x40 menit | |||
| 
Menggunakan
  perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai) untuk menyelesaikan
  soal/ masalah sehari-hari | 
·  
  Menyelesaikan soal yang melibatkan
  perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | 
Tes tertulis | 
Uraian | 
Pembangunan sebuah gedung memakan
  waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang,
  maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah  | 
2x40 menit | |||
| 
v     
  Karakter
  siswa yang diharapkan :   Disiplin
  ( Discipline ) 
Rasa
  hormat dan perhatian ( respect ) 
Tekun
  ( diligence )  
Tanggung
  jawab ( responsibility ) | ||||||||
Keterangan: 
  Sesuai
Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan
pendahuluan,  inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan
pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
| 
Mengetahui, 
Kepala SMP/MTs ……………. 
( .........................................................
  ) 
NIP/NIK :…………..………………. | 
........., ......, ............... 20... 
Guru Mapel Matematika. 
( ............................................ ) 
NIP/NIK :…….……………. | 

 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar