RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : .............................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : II (Dua)
Materi
Pokok : Bilangan
Alokasi
Waktu : 3 jam
pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 2 x pertemuan
Standar Kompetensi: ALJABAR
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar:
3.1. Membuat model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel.
Indikator:
· Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk
pertidaksamaan linear satu variabel.
· Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk pertidaksamaan
linear satu variabel.
Pertemuan I
A. Tujuan
Pembelajaran
-
Setelah
mempelajari ini peserta didik diharapkan mampu mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan
linear satu variabel.
B. Karakter siswa
yang diharapkan :
-
Disiplin ( Discipline
)
-
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
-
Tekun
( diligence )
-
Tanggung
jawab ( responsibility )
C. Metode
Pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
- tanya jawab
- penugasan/pemberian tugas
D. Materi
Ajar
Kalimat Benar dan Kalimat Salah
Kalimat yang menyatakan pernyataan yang benar disebut
kalimat benar. Sedangkan kalimat yang menyatakan pernyataan yang salah disebut
kalimat salah.
Kalimat Terbuka
Kalimat yang memuat variabel sehingga belum diketahui
nilai kebenarannya (benar atau salah) disebut kalimat terbuka. Peubah
atau variabel adalah lambang
(simbol) yang dapat diganti oleh sembarang bilangan yang ditentukan.
Pada kalimat , jika diganti dengan 8,
maka akan menjadi kalimat benar, dan jika diganti dengan
bilangan bukan 8, maka akan menjadi kalimat salah. Lambang seperti disebut variabel
atau peubah. Pengganti dari variabel, sehingga kalimat tersebut menjadi kalimat
benar atau kalimat salah disebut konstanta.
Penyelesaian Kalimat Terbuka
Pengganti variabel (peubah) sehingga kalimat terbuka
menjadi kalimat benar disebut penyelesaian. Jika tidak ada pengganti variabel
yang membuat kalimat terbuka menjadi kalimat benar, maka kalimat terbuka
tersebut tidak mempunyai penyelesaian.
Pengertian Persamaan Linear Satu
Variabel
Kalimat yang menggunakan tanda hubung “=”
(sama dengan), disebut persamaan. Persamaan yang hanya memiliki satu variabel
disebut persamaan dengan satu variabel (peubah). Tiap variabel berpangkat satu,
persamaan yang demikian disebut persamaan linear. Jadi persamaan linear satu
variabel adalah kalimat terbuka yang memiliki hubungan sama dengan (=) dan
variabelnya satu dan berpangkat satu.
Akar atau Penyelesaian
Pengganti dari variabel (peubah) sehingga
suatu persamaan menjadi kalimat benar disebut akar atau penyelesaian
dari persamaan tersebut.
Kesamaan
Tidak semua kalimat terbuka yang memiliki hubungan sama
dengan (=) merupakan persamaan. Seperti . Kalimat seperti ini disebut kesamaan karena merupakan
kalimat benar. Jika diganti dengan
sembarang bilangan, maka selalu diperoleh kalimat benar.
Persamaan yang Ekuivalen
dua persamaan atau lebih dikatakan ekuivalen jika
mempunyai penyelesaian atau akar yang sama. Notasi untuk ekuivalen pada
persamaan adalah ".
E.
Alokasi Waktu
-
2 x
40 Menit
F.
Langkah-langkah Kegiatan
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta
didik
|
Alokasi waktu
|
1
|
Pendahuluan
- Pendidikmemperhatikan kehadiranPesertadidik(NK:Peduli Sosial).
- Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
-Pendidik mengingatkan kembali tentang operasi hitung pada bilangan
bulat dan pecahan, serta operasi hitung pada bentuk aljabar.
- Pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari
materi yang dipelajari dapat dipahami, maka
Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa
ingin tahu).
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik
tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa
ingin tahu)
- Pendidik
Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang
digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa
ingin tahu)
|
- Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a
(NK: Religius)
- Peserta didik mengingat kembali tentang operasi hitung pada bilangan
bulat dan pecahan, serta operasi hitung pada bentuk aljabar.
- Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidik membentuk
Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5
orang yang sudahdirencanakan(NK:Demokratis)
- Pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok
masing-masing, memilih dan memberi nomor
pada siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor
yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi
sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik
untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan
membimbing PesertaDidik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
- Pendidik meminta peserta didik yang nomor dan
kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan
kelas.
Jika nomor dan kelompok
mendapatkan kendala, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama
pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi
jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
- Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi
atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Pesertadidik membentuk kelompok yang telah
direncanakan oleh pendidik.(NK:Menghargai, tanggung-jawab,disiplin,demokratis)
- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
dengan tertib , serta mengingat nomornya masing-masing.
Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan
(NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang
diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK:
Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik
(NK: bertanggungjawab).
Konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil
kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
- peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius
(NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
5 menit
15 menit
10 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang
terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini
dengan mengucapkan hamdalah (NK:
Religius)
|
Penutup
- peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang
tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
- Peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
5 menit
|
G. Sarana
dan Sumber Belajar
- Sarana
dan prsarana: Alat-alat tulis
- Sumber
belajar:Buku paket, yaitu buku
Matematika Kelas VII Semester 1, dan buku referensi lain.
H.
Penilaian
1.
Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2.
Prosedur : a.
Penilaian dalam proses belajar.
b.
Penilaian pada akhir pembelajaran.
Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Mengubah masalah ke dalam matematika
berbentuk persamaan linear satu variabel.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dira membeli beras 5 liter. Dia membayar dengan
dua lembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar
Rp7.500,-
Nyatakanlah kedalam matematika jika harga beras
x rupiah setiap liternya.
|
Pertemuan II
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini peserta didik
diharapkan mampu mengubah masalah kedalam matematika berbentuk pertidaksamaan
linear satu variabel.
B.
Karakter siswa yang diharapkan :
-
Disiplin ( Discipline
)
-
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
-
Tekun
( diligence )
-
Tanggung
jawab ( responsibility )
C. Metode
Pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes
Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
- tanya jawab
- penugasan/pemberian tugas
D. Materi
Ajar
Pengertian ketidaksamaan
Kalimat yang memiliki tanda hubung disebut
ketidaksamaan.
Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu
Variabel
Pertidaksamaan
linear satu variabel adalah kalimat terbuka yang memilik hubungan dan variabelnya
satu dan berpangkat satu.
E.
Alokasi Waktu
-
1 x 40 Menit
F.
Langkah-langkah Kegiatan
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta
didik
|
Alokasi
waktu
|
1
|
Pendahuluan
- PendidikmemperhatikanKehadiranPesertadidik(NK:Peduli
Sosial).
- Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
-Pendidik mengingatkan kembali tentang bentuk persamaan linear satu
variabel.
- Pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari
materi yang dipelajari dapat dipahami, maka
Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa
ingin tahu).
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik
tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa
ingin tahu)
- Pendidik
Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang
digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa
ingin tahu)
|
- Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a
(NK: Religius)
- Peserta didik mengingat kembali tentang bentuk persamaan linear satu
variabel.
- Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
5menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidik membentuk
Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5
orang yang sudahdirencanakan(NK:Demokratis)
- Pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok
masing-masing, memilih dan memberi nomor
pada siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor
yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan LKS 2 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing
kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik
untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan
membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
- Pendidik meminta peserta didik yang nomor dan
kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan
kelas.
Jika nomor dan kelompok
mendapatkan kendala, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama
pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi
jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
- Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi
atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Pesertadidik membentuk kelompok yang telah
direncanakan oleh pendidik.(NK:Menghargai, tanggung-jawab,disiplin,demokratis)
- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
dengan tertib , serta mengingat nomornya dengan benar.
Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan
(NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang
diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK:
Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik
(NK: bertanggungjawab).
Konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil
kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
- peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius
(NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
5menit
15menit
10menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang
terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini
dengan mengucapkan hamdalah (NK:
Religius)
|
Penutup
- peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang
tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
- Peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
5menit
|
G. Sarana
dan Sumber Belajar
- Sarana
dan prsarana: Alat-alat tulis
- Sumber
belajar:Buku paket, yaitu buku
Matematika Kelas VII Semester 1, dan Buku referensi lain.
H. Penilaian
1.
Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2.
Prosedur : a.
Penilaian dalam proses belajar.
b.
Penilaian pada akhir pembelajaran.
Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyelesaikan suatu masalah matematika
yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
umur Hana 5 tahun mendatang lebih dari
20 tahun. Nyatakanlah kedalam model matematika, jika umur Hana x tahun.
|
I.
Pedoman
Penilaian
Nomor soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs
…………….
(
......................................................... )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
........., ......,
............... 20...
Pendidik Mapel
Matematika.
(
...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : .............................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : II (Dua)
Materi
Pokok : Bilangan
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 2 x pertemuan
Standar Kompetensi : ALJABAR
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
3.2. Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel.
Indikator :
· Menyelesaikan suatu masalah ke dalam bentuk matematika
yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
· Menyelesaikan suatu masalah ke dalam bentuk matematika
yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.
Pertemuan I
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini
peserta didik diharapkan mampu
Menyelesaikan suatu masalah sehari-hari ke dalam bentuk matematika yang
berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
B. Karakter siswa yang diharapkan :
-
Disiplin ( Discipline
)
-
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
-
Tekun
( diligence )
-
Tanggung
jawab ( responsibility )
C. Metode
Pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
- tanya jawab
- penugasan/pemberian tugas
D. Materi
Ajar
Menyelesaikan Persamaan dengan Cara
Substitusi
Menyelesaikan persamaan dengan cara
substitusi artinya menyelesaikan persamaan dengan cara mengganti variabel
dengan bilangan-bilangan yang telah ditentukan, sehingga persamaan tersebut
menjadi kalimat benar.
Contoh
: penyelesaian dari persamaan 2x – 1= 5, x adalah variabel pada bilangan asli.
Untuk
x = 1, maka (merupakan kalimat
salah)
Untuk
x = 2, maka (merupakan kalimat
salah)
Untuk
x = 3, maka (merupakan kalimat
benar)
Untuk
x = 4, maka (merupakan kalimat
salah)
Jadi, penyelesaiannya adalah x = 3, sedangkan 1, 2, dan 4
bukan penyelesaian dari 2x–1=5
Menyelesaikan Persamaan dengan
Menambah, Mengurangi,Mengalikan atau Membagi Kedua Ruas Persamaan dengan
Bilangan yang Sama
Setiap persamaan tetap ekuivalen jika kedua ruas
persamaan ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
Contoh
: x – 7= –12
i.
x – 7= –12, x diganti –5 menjadi –5 – 7= –12 (kalimat benar)
penyelesaiannya
adalah x = –5
ii.
x – 7+7=
–12+7 (kedua ruas ditambah 7)
x =
–5, penyelesaiannya adalah x = –5
Penyelesaian
dari suatu persamaan dapat ditunjukkan pada garis bilangan yang disebut grafik
penyelesaian. Pada garis bilangan, grafik penyelesaian dari suatu persamaan
dinyatakan dengan noktah atau titik.
Misal penyelesaiannya adalah x =3, grafik
penyelesaiannya adalah
Menyelesaikan Persamaan Bentuk Pecahan
Untuk menyelesaikan persamaan
bentuk pecahan, terlebih dahulu ubahlah persamaan tersebut menjadi persamaan
lain yang ekuivalen tapi tidak lagi memuat pecahan. Hal ini dapat dilakukan
dengan mengalikan kedua ruas persamaan dengan KPK dari penyebut-penyebutnya.
Selain itu, persamaan juga dapat diselesaikan tanpa mengubah bentuk persamaan.
Persamaan Memuat Perkalian Suku Dua
Untuk
menyelesaikannya, perlu diingat kembali cara menentukan hasil perkalian dan
hasil pengkuadratn bentuk aljabar.
·
·
·
Setelah itu, persamaan diselesaikan dengan menggunakan sifat-sifat yang
berlaku pada persamaan.
E.
Alokasi Waktu
-
2 x
40 Menit
F.
Langkah-langkah Kegiatan
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta
didik
|
Alokasi waktu
|
1
|
Pendahuluan
- PendidikmemperhatikanKehadiranPesertadidik(NK:Peduli
Sosial).
- Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
-Pendidik mengingatkan kembali tentang bentuk persamaan linear.
- Pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari
materi yang dipelajari dapat dipahami, maka
Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa
ingin tahu).
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik
tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa
ingin tahu)
- Pendidik
Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang
digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa
ingin tahu)
|
- Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a
(NK: Religius)
- Peserta didik mengingat kembali tentang bentuk persamaan linear.
- Peserta didik
mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
5menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidik membentuk
Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5
orang yang sudahdirencanakan(NK:Demokratis)
- Pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok
masing-masing, memilih dan memberi nomor pada siswa, dengan
masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan LKS 3 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing
kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik
untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan
membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
- Pendidik meminta peserta didik yang nomor dan
kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan
kelas.
Jika nomor dan kelompok
mendapatkan kendala, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama
pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi
jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
- Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi
atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Pesertadidik membentuk kelompok yang telah
direncanakan oleh pendidik.(NK:Menghargai, tanggung-jawab,disiplin,demokratis)
- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
dengan tertib , serta mengingat nomornya dengan benar.
Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan
(NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang
diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK:
Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik
(NK: bertanggungjawab).
Konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil
kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
- peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius
(NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
5menit
15menit
10 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang
terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini
dengan mengucapkan hamdalah (NK:
Religius)
|
Penutup
- peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik dan tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung
jawab)
- Peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
5menit
|
G.
Sarana dan Sumber Belajar
- Sarana
dan prsarana: Alat-alat tulis
- Sumber
belajar:
· Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1, dan buku referensi lain
H. Penilaian
1.
Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2.
Prosedur : a.
Penilaian dalam proses belajar.
c.
Penilaian pada akhir pembelajaran.
Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyelesaikan suatu masalah matematika
yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Lia membeli 2 buku. Uang Lia sepuluh ribuan, dan
dia mendapat uang kembali sebesar Rp4000,-. Harga 1 buku adalah...
|
Pertemuan II
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini peserta didik
diharapkan mampu menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah kedalam matematika
berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
B. Karakter siswa
yang diharapkan :
-
Disiplin ( Discipline
)
-
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
-
Tekun
( diligence )
-
Tanggung
jawab ( responsibility )
C. Metode
Pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes
Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
- tanya jawab
- penugasan/pemberian tugas
D. Materi
Ajar
Menyelesaikan pertidaksamaan
linear satu variabel yaitu dengan mengganti variabel sehingga suatu
pertidaksamaan menjadi kalimat benar. Cara penyelesaiannya sama denga persamaan
linear satu variabel, yaitu dengan menambah atau mengurangi dengan bilangan
yang sama, dan lain-lain.
E.
Alokasi Waktu
-
2 x 40 Menit
F.
Langkah-langkah Kegiatan
No
|
Kegiatan pendidik
|
Kegiatan peserta
didik
|
Alokasi waktu
|
1
|
Pendahuluan
- PendidikmemperhatikanKehadiranPesertadidik(NK:Peduli
Sosial).
- Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
-Pendidik mengingatkan kembali tentang bentuk pertidaksamaan linear
satu variabel.
- Pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari
materi yang dipelajari dapat dipahami, maka
Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa
ingin tahu).
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik
tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa
ingin tahu)
- Pendidik
Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang
digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa
ingin tahu)
|
- Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a
(NK: Religius)
- Peserta didik mengingat kembali tentang bentuk pertidaksamaan linear
satu variabel.
- Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
|
5menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidik membentuk
Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5
orang yang sudahdirencanakan(NK:Demokratis)
- Pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok
masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan
masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan LKS 2 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing
kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik
untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan
membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
- Pendidik meminta peserta didik yang nomor dan
kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan
kelas.
Jika nomor dan kelompok
mendapatkan kendala, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama
pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi
jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
- Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi
atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Pesertadidik membentuk kelompok yang telah
direncanakan oleh pendidik.(NK:Menghargai, tanggung-jawab,disiplin,demokratis)
- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing
dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan
(NK:Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang
diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(NK:
Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik
(NK: bertanggungjawab).
Konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil
kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
- peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius
(NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
5menit
15menit
10 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang
terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini
dengan mengucapkan hamdalah (NK:
Religius)
|
Penutup
- peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang
tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
- Peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
5menit
|
G. Sarana
dan Sumber Belajar
- Sarana
dan prsarana: Alat-alat tulis
- Sumber
belajar:
·
Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1, dan Buku
referensi lain.
H.
Penilaian
1.
Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2.
Prosedur : a.
Penilaian dalam proses belajar.
b.
Penilaian pada akhir pembelajaran.
Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyelesaikan suatu masalah matematika
yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
umur ari adalah x tahun dan umur ridho 4
tahun lebih tua. Jumlah umur mereka kurang dari 24. Berapakah umur ari ?
|
I.
Pedoman
Penilaian
Nomor soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor minimum
|
Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs
…………….
(
......................................................... )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
........., ......,
............... 20...
Pendidik Mapel
Matematika.
(
...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar