Kamis, 17 Januari 2013

RPP Matematika Kelas VII Semester 1 KD.3.1 & KD.3.2 (Yuli Ely Hermanti)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)             
                                             Nama Sekolah           :     .............................
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     II (Dua)
                                             Materi Pokok            :     Bilangan
                                             Alokasi Waktu          :     3 jam pelajaran
                                             Jumlah Pertemuan      :     2 x pertemuan

Standar Kompetensi: ALJABAR     
3.  Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
3.1Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Indikator:
·       Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel.
·       Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel.

Pertemuan I
A.  Tujuan Pembelajaran
-       Setelah mempelajari ini peserta didik diharapkan mampu mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-       Disiplin ( Discipline )
-       Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-       Tekun ( diligence )
-       Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi                
 - tanya jawab
- penugasan/pemberian tugas
D.  Materi Ajar
Kalimat Benar dan Kalimat Salah
Kalimat yang menyatakan pernyataan yang benar disebut kalimat benar. Sedangkan kalimat yang menyatakan pernyataan yang salah disebut kalimat salah.
Kalimat Terbuka
Kalimat yang memuat variabel sehingga belum diketahui nilai kebenarannya (benar atau salah) disebut kalimat terbuka. Peubah atau variabel adalah lambang (simbol) yang dapat diganti oleh sembarang bilangan yang ditentukan.
Pada kalimat , jika  diganti dengan 8, maka akan menjadi kalimat benar, dan jika  diganti dengan bilangan bukan 8, maka akan menjadi kalimat salah. Lambang seperti  disebut variabel atau peubah. Pengganti dari variabel, sehingga kalimat tersebut menjadi kalimat benar atau kalimat salah disebut konstanta.
Penyelesaian Kalimat Terbuka
       Pengganti variabel (peubah) sehingga kalimat terbuka menjadi kalimat benar disebut penyelesaian. Jika tidak ada pengganti variabel yang membuat kalimat terbuka menjadi kalimat benar, maka kalimat terbuka tersebut tidak mempunyai penyelesaian.
Pengertian Persamaan Linear Satu Variabel
       Kalimat yang menggunakan tanda hubung “=” (sama dengan), disebut persamaan. Persamaan yang hanya memiliki satu variabel disebut persamaan dengan satu variabel (peubah). Tiap variabel berpangkat satu, persamaan yang demikian disebut persamaan linear. Jadi persamaan linear satu variabel adalah kalimat terbuka yang memiliki hubungan sama dengan (=) dan variabelnya satu dan berpangkat satu.
Akar atau Penyelesaian
       Pengganti dari variabel (peubah) sehingga suatu persamaan menjadi kalimat benar disebut akar atau penyelesaian dari persamaan tersebut.
Kesamaan
       Tidak semua kalimat terbuka yang memiliki hubungan sama dengan (=) merupakan persamaan. Seperti . Kalimat seperti ini disebut kesamaan karena merupakan kalimat benar. Jika  diganti dengan sembarang bilangan, maka selalu diperoleh kalimat benar.
Persamaan yang Ekuivalen
       dua persamaan atau lebih dikatakan ekuivalen jika mempunyai penyelesaian atau akar yang sama. Notasi untuk ekuivalen pada persamaan adalah ".
E.   Alokasi Waktu
-       2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Alokasi waktu
1
Pendahuluan
- Pendidikmemperhatikan kehadiranPesertadidik(NK:Peduli Sosial).
- Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
-Pendidik mengingatkan kembali tentang operasi hitung pada bilangan bulat dan pecahan, serta operasi hitung pada bentuk aljabar.

-  Pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu).
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)

- Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a
(NK: Religius)
- Peserta didik mengingat kembali tentang operasi hitung pada bilangan bulat dan pecahan, serta operasi hitung pada bentuk aljabar.
- Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)




- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 

5 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidik membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudahdirencanakan(NK:Demokratis)
- Pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memberi nomor pada siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan

- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing PesertaDidik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
- Pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
- Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Pesertadidik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik.(NK:Menghargai, tanggung-jawab,disiplin,demokratis)
- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta mengingat nomornya masing-masing.


Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

Konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)



- peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


5 menit











15 menit













10 menit
















3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)





- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
- peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
- Peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)

5 menit


G.    Sarana dan Sumber Belajar
-  Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-  Sumber belajar:Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1, dan buku referensi lain.
H.     Penilaian
1.         Jenis          :  Tertulis (Kuis Individu)
2.         Prosedur   :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
b.   Penilaian pada akhir pembelajaran.
Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.
Tes tertulis
Uraian
Dira membeli beras 5 liter. Dia membayar dengan dua lembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp7.500,-
Nyatakanlah kedalam matematika jika harga beras x rupiah setiap liternya.

Pertemuan II
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini peserta didik diharapkan mampu mengubah masalah kedalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel.
B.     Karakter siswa yang diharapkan :
-       Disiplin ( Discipline )
-       Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-       Tekun ( diligence )
-       Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
- tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
D.  Materi Ajar
Pengertian ketidaksamaan
       Kalimat yang memiliki tanda hubung  disebut ketidaksamaan.
Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Pertidaksamaan linear satu variabel adalah kalimat terbuka yang memilik hubungan  dan variabelnya satu dan berpangkat satu.
E.   Alokasi Waktu
-       1 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Alokasi
 waktu
1
Pendahuluan
- PendidikmemperhatikanKehadiranPesertadidik(NK:Peduli Sosial).
- Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
-Pendidik mengingatkan kembali tentang bentuk persamaan linear satu variabel.
-  Pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu).
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)

- Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a
(NK: Religius)
- Peserta didik mengingat kembali tentang bentuk persamaan linear satu variabel. 
- Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)




- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)


- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 


5menit
























2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidik membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudahdirencanakan(NK:Demokratis)
- Pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memberi nomor pada siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan LKS 2 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
- Pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
- Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Pesertadidik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik.(NK:Menghargai, tanggung-jawab,disiplin,demokratis)

- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta mengingat nomornya dengan benar.


Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

Konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)




- peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


5menit












15menit














10menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)





- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
- peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
- Peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)


5menit

G.    Sarana dan Sumber Belajar
-  Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-  Sumber belajar:Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1, dan Buku referensi lain.
H.     Penilaian
1.      Jenis                 :  Tertulis (Kuis Individu)
2.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
b.   Penilaian pada akhir pembelajaran.
Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menyelesaikan suatu masalah matematika yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
Tes tertulis
Uraian
umur Hana 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun. Nyatakanlah kedalam model matematika, jika umur Hana x tahun.

I.       Pedoman Penilaian
Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)             
                                             Nama Sekolah           :     .............................
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     II (Dua)
                                             Materi Pokok            :     Bilangan
                                             Alokasi Waktu          :     4 jam pelajaran
                                             Jumlah Pertemuan      :     2 x pertemuan

Standar Kompetensi : ALJABAR    
3.  Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar: 
3.2.   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Indikator :           
·       Menyelesaikan suatu masalah ke dalam bentuk matematika yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
·       Menyelesaikan suatu masalah ke dalam bentuk matematika yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.
Pertemuan I
A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini peserta didik diharapkan mampu Menyelesaikan suatu masalah sehari-hari ke dalam bentuk matematika yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
B.     Karakter siswa yang diharapkan :
-       Disiplin ( Discipline )
-       Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-       Tekun ( diligence )
-       Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi                
 - tanya jawab
- penugasan/pemberian tugas
D.  Materi Ajar
Menyelesaikan Persamaan dengan Cara Substitusi
       Menyelesaikan persamaan dengan cara substitusi artinya menyelesaikan persamaan dengan cara mengganti variabel dengan bilangan-bilangan yang telah ditentukan, sehingga persamaan tersebut menjadi kalimat benar.
Contoh : penyelesaian dari persamaan 2x – 1= 5, x adalah variabel pada bilangan asli.
Untuk x = 1, maka  (merupakan kalimat salah)
Untuk x = 2, maka  (merupakan kalimat salah)
Untuk x = 3, maka  (merupakan kalimat benar)
Untuk x = 4, maka  (merupakan kalimat salah)
Jadi, penyelesaiannya adalah x = 3, sedangkan 1, 2, dan 4 bukan penyelesaian dari 2x–1=5
Menyelesaikan Persamaan dengan Menambah, Mengurangi,Mengalikan atau Membagi Kedua Ruas Persamaan dengan Bilangan yang Sama
       Setiap persamaan tetap ekuivalen jika kedua ruas persamaan ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
Contoh : x – 7= –12
                                   i.           x – 7= –12, x diganti –5 menjadi  –5 – 7= –12 (kalimat benar)
penyelesaiannya adalah x = –5
                                 ii.          x – 7+7= –12+7 (kedua ruas ditambah 7)
x = –5, penyelesaiannya adalah x = –5
Grafik Penyelesaian Persamaan dengan Satu Variabel
            Penyelesaian dari suatu persamaan dapat ditunjukkan pada garis bilangan yang disebut grafik penyelesaian. Pada garis bilangan, grafik penyelesaian dari suatu persamaan dinyatakan dengan noktah atau titik.
Misal penyelesaiannya adalah x =3, grafik penyelesaiannya adalah

Menyelesaikan Persamaan Bentuk Pecahan
Untuk menyelesaikan persamaan bentuk pecahan, terlebih dahulu ubahlah persamaan tersebut menjadi persamaan lain yang ekuivalen tapi tidak lagi memuat pecahan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengalikan kedua ruas persamaan dengan KPK dari penyebut-penyebutnya. Selain itu, persamaan juga dapat diselesaikan tanpa mengubah bentuk persamaan.
Persamaan Memuat Perkalian Suku Dua
            Untuk menyelesaikannya, perlu diingat kembali cara menentukan hasil perkalian dan hasil pengkuadratn bentuk aljabar.
·       
·       
·       
Setelah itu, persamaan diselesaikan dengan menggunakan sifat-sifat yang berlaku pada persamaan.
E.     Alokasi Waktu
-       2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Alokasi waktu
1
Pendahuluan
- PendidikmemperhatikanKehadiranPesertadidik(NK:Peduli Sosial).
- Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
-Pendidik mengingatkan kembali tentang bentuk persamaan linear.

-  Pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu).
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)

- Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a
(NK: Religius)
- Peserta didik mengingat kembali tentang bentuk persamaan linear.
-  Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)




- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 

5menit




















2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidik membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudahdirencanakan(NK:Demokratis)
- Pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memberi  nomor pada siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan LKS 3 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan

- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
- Pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
- Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Pesertadidik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik.(NK:Menghargai, tanggung-jawab,disiplin,demokratis)
- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta mengingat nomornya dengan benar.

Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
Konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)



- peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


5menit












15menit












10 menit
















3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)




- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
- peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik dan tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
- Peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)

5menit

G.    Sarana dan Sumber Belajar
-       Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-       Sumber belajar:
·      Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1, dan buku referensi lain
H.     Penilaian
1.         Jenis          :  Tertulis (Kuis Individu)
2.         Prosedur   :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
c.    Penilaian pada akhir pembelajaran.
Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menyelesaikan suatu masalah matematika yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
Tes tertulis
Uraian
Lia membeli 2 buku. Uang Lia sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4000,-. Harga 1 buku adalah...

Pertemuan II
A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah kedalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-       Disiplin ( Discipline )
-       Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-       Tekun ( diligence )
-       Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
- tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
D.  Materi Ajar          
Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel yaitu dengan mengganti variabel sehingga suatu pertidaksamaan menjadi kalimat benar. Cara penyelesaiannya sama denga persamaan linear satu variabel, yaitu dengan menambah atau mengurangi dengan bilangan yang sama, dan lain-lain.
E.   Alokasi Waktu
-       2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Alokasi waktu
1
Pendahuluan
- PendidikmemperhatikanKehadiranPesertadidik(NK:Peduli Sosial).
- Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
-Pendidik mengingatkan kembali tentang bentuk pertidaksamaan linear satu variabel.

-  Pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu).
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)

- Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik memimpin do’a
(NK: Religius)
- Peserta didik mengingat kembali tentang bentuk pertidaksamaan linear satu variabel.
- Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)




- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 

5menit
























2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidik membentuk Peserta Didik kedalam beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudahdirencanakan(NK:Demokratis)
- Pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan LKS 2 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan

- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
- Pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
- Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Pesertadidik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik.(NK:Menghargai, tanggung-jawab,disiplin,demokratis)
- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.


Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)
- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
Konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)



- peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


5menit












15menit













10 menit











3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)





- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
- peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
- Peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)

5menit

G.    Sarana dan Sumber Belajar
-  Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-  Sumber belajar:
·          Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1, dan Buku referensi lain.
H.     Penilaian
1.      Jenis                 :  Tertulis (Kuis Individu)
2.                                                      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
b.   Penilaian pada akhir pembelajaran.
Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menyelesaikan suatu masalah matematika yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
Tes tertulis
Uraian
umur ari adalah x tahun dan umur ridho 4 tahun lebih tua. Jumlah umur mereka kurang dari 24. Berapakah umur ari ?

I.       Pedoman Penilaian
Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….





Tidak ada komentar: