RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : .............................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
Pertidaksamaan
linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.1.Mengenali bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu
menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis,
dan suku tak sejenis.
Karakter siswa yang diharapkan :Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
Materi
Ajar
1. Pengertian
Bentuk Aljabar
Bentuk aljabar sangat penting dalam matematika. Seringkali jika kita akan
menyelesaikan masalah dalam matematika, terlebih dahulu kita menyatakan
permasalahan itu dalam bentuk aljabar. Suatu misal, Intan mempunyai 3 buah
jeruk dan 2 buah apel. Bagaimanakah cara menuliskan banyaknya buah jeruk dan
buah apel yang dimiliki oleh Intan dalam bentuk Aljabar ?
Dalam aljabar,
a.
buah jeruk dapat dilambangkan dengan j, sehingga 3
buah jeruk dapat ditulis 3j
b.
buah apel dapat dilambangkan
dengan a, sehingga 2 buah apel dapat ditulis 2a
Jadi, 3 buah jeruk dan 2 buah apel dapat ditulis 3j + 2a
Masalah di atas dapat digambarkan sebagai berikut:
Perhatikan
ilustrasi berikut
Banyak boneka Rika 5 lebihnya dari boneka Desy. Jika
banyak boneka Desy dinyatakan dengan x maka banyak boneka Rika
dinyatakan dengan x + 5. Jika boneka Desy sebanyak 4 buah maka boneka
Rika sebanyak 9 buah.
Bentuk
seperti (x + 5) disebut bentuk aljabar.
Bentuk aljabar
adalah suatu bentuk matematika yang
dalam penyajiannya memuat huruf-huruf untuk mewakili bilangan yang belum
diketahui. Bentuk aljabar dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang tidak diketahui seperti banyaknya bahan
bakar minyak yang dibutuhkan sebuah bis dalam tiap minggu, jarak yang ditempuh
dalam waktu tertentu, atau banyaknya makanan ternak yang dibutuhkan dalam 3
hari, dapat dicari dengan menggunakan aljabar.
Contoh
bentuk aljabar yang lain seperti 2x, –3p, 4y + 5, 2x2 – 3x
+ 7(x + 1)(x – 5), dan –5x(x – 1)(2x +
3). Huruf-huruf x, p, dan y pada bentuk aljabar tersebut
disebut variabel.
2.
Variabel, konstanta dan
koefisien
Perhatikan bentuk aljabar 5x + 3y + 8x –
6y + 9. Pada bentuk aljabar tersebut, huruf x dan y disebut
variabel.
Variabel adalah lambang
pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel
disebut juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan
dengan
huruf kecil a, b, c, ..., z.
Adapun
bilangan 9 pada bentuk aljabar di atas disebut
konstanta.
Konstanta adalah suku dari
suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel.
Adapun
yang dimaksud koefisien adalah faktor
konstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar.
Perhatikan
koefisien masing-masing suku pada bentuk aljabar 5x + 3y + 8x –
6y + 9. Koefisien pada suku 5x adalah 5, pada suku 3y adalah
3, pada suku 8x adalah 8, dan pada suku –6y adalah –6.
Suku adalah variabel beserta
koefisiennya atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi
jumlah atau selisih.
Jika suatu bilangan a dapat diubah menjadi a =
p q dengan a, p, q bilangan bulat, maka p
dan q disebut faktor-faktor dari a.
Pada
bentuk aljabar 5x dapat diuraikan sebagai 5x = 5 dikali x atau 5x = 1dikali 5x. Jadi,
faktor-faktor dari 5x adalah 1, 5, x, dan 5x.
a. Suku satu adalah
bentuk aljabar yang tidak dihubungkan oleh operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 3x, 2a2,
–4xy
b. Suku dua adalah
bentuk aljabar yang dihubungkan oleh satu operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 2x + 3, a2
– 4, 3x2 – 4x
c. Suku tiga adalah
bentuk aljabar yang dihubungkan oleh dua operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 2x2 – x +
1, 3x + y – xy
Bentuk aljabar yang mempunyai lebih dari dua suku disebut
suku banyak
Suku-suku pada bentuk
aljabar disebut sejenis bila
terdiri dari variabel yang sama dan pangkat variabel yang bersesuaian adalah
sama
Perhatikan suku
4a2 dan –a2. Pangkat dari a pada kedua suku tersebut sama, yaitu
2.
Sehingga kedua
suku tersebut dinamakan suku sejenis
Suku tak sejenis adalah suku yang memiliki variabel dan pangkat dari
masing-masing variabel yang tidak sama.
Contoh:
2x dan –3x2, –y dan –x3, 5x dan –2y,
...
C.
Metode
Pembelajaran
Model
pembelajaran : kooperatif tipe Numbered
Head Together
Metode
pembelajaran: - diskusi
-
tanya jawab
-
penugasan/pemberian tugas
D.
Langkah-langkah
Kegiatan.
No
|
KEGIATAN PENDIDIK
|
KEGIATAN PESERTA
DIDIK
|
ALOKASI WAKTU
|
A
|
PENDAHULUAN
a. Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial).
b. Meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
c. Apersepsi
: Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
d. Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi
ini.
e. memberikan informasi kepada Peserta Didik
tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa
ingin tahu)
f. Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang
model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal
dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
a. Duduk dengan tenang(NK: menghargai)
b. Berdo’a bersama (NK: Religius)
c. mengingat kembali tentang bentuk
persamaan linear.
d. Mendengarkan
penjelasan pendidik.
e. mendengarkan dan memperhatikan penjelasan
dari pendidik (NK : menghargai)
f. mendengarkan dan memperhatikan penjelasan
dari pendidik (NK : menghargai)
|
10
menit
|
B
|
KEGIATAN INTI
1. Eksplorasi
a. Membentuk
peserta didik kedalam beberapa kelompok (demokratis ), dan memberi nomor pada
masing-masing siswa.
b. melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dari aneka
sumber;
c.
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
d.
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
a.
Memberikan LKS kepada peserta didik untuk dikerjakan
secara berkelompok
b.
Memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk
mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan
c.
Memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan
3. Konfirmasi
a. Meminta peserta didik yang nomor dan kelompok
yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil
kerja kelompok didepan kelas.
b. Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala,
pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain
untuk melengkapi jawaban.
c. memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi
jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
d. memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
e. memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
f.
Setelah
diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
1.
Eksplorasi
a. Membentuk
kelompok sesuai petunjuk pendidik, dan mengingat nomor yang telah diberikan. (NK:Menghargai,tanggung-jawab,disiplin, demokratis)
b. Mampu menjelaskan
pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku
tak sejenis
c. Melakukan
interaksi dengan sesama peserta didik dan guru, serta sumber belajar lainnya,
dengan batuan guru.
d. Melaksanakan kegiatan
pembelajaran secara aktif
2.
Elaborasi
a.
Menerima
LKS yang diberikan (NK:Disiplin)
b.
mengerjakan
dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu yang ditentukan.(NK:Tanggung jawab, disiplin)
c.
berdiskusi
dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
3.
Konfirmasi
a.
peserta
didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK :
menghargai)
b.
mengikuti
proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)
c.
memberikan pertanyaan terhadap materi yang dirasa
sulit
d.
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar dengan bimbingan pendidik.
e.
Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan pendidik.
f.
Menyerahkan hasil diskusi.
|
5menit
15menit
menit
|
C
|
PENUTUP
1) bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2) memberikan penghargaan kepada kelompok yang
terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
3) memberikan Kuis (NK: rasa Ingin Tahu)
4) merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5) Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR)
6) mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini
dengan mengucapkan hamdalah (NK:
Religius)
|
PENUTUP
1. menyimpulkan
materi pelajaran bersama dengan guru.
2. Mendengarkan dan
memperhatikan
3. Mengerjakan kuis
yang diberikan pendidik sesuai instruksi pendidik
4. Mendengarkan dan
menanggapi penjelasan peserta didik
5. Menerima
pekerjaan rumah
6. Membaca hamdalah
bersama-sama.
|
5menit
|
E.
alat dan Sumber Belajar
Sumber :
1.
Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VII Semester 1,
2.
Buku referensi lain.
F.
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
· Menjelaskan
pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
|
Tes lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
1. Dari bentuk aljabar
2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang
merupakan konstanta?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien,
variabel dan konstanta.
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
.........,
......, ............... 20...
Guru
Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK
:…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : .............................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar,
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.2.Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 pertemuan).
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta
didik mampu menyelesaikan
operasipenjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
2.
Peserta
didik mampu menyelesaikan
operasi perkalian suku tunggal dengan suku dua
3.
Peserta
didik mampu menyelesaikan perkalian suku dua dengan suku dua
4.
Peserta
didik mampu menyelesaikan
pembagian suku tunggal bentuk aljabar
5.
Peserta
didik mampu menyelesaikan
suku tunggal berpangkat
6.
Peserta
didik mampu menggunakan
operasi hitung bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari .
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab (
responsibility )
B.
Materi
Ajar
Pertemuan pertama
Pada
bagian ini, kamu akan mempelajari cara menjumlahkan dan mengurangkan suku-suku
sejenis pada bentuk aljabar. Pada dasarnya, sifat-sifat penjumlahan dan
pengurangan yang berlaku pada bilangan riil, berlaku juga untuk penjumlahan dan
pengurangan pada bentuk-bentuk aljabar, sebagai berikut.
a.
Sifat Komutatif
a + b = b + a,
dengan a dan b bilangan riil
b.
Sifat Asosiatif
(a + b) + c = a +
(b +c), dengan a, b, dan c bilangan riil
c.
Sifat Distributif
a (b + c) = ab +
ac, dengan a, b, dan c bilangan riil
Perkalian suku
tunggal dengan suku tunggal
Misalkan
terdapat bentuk aljabar 2a dan b maka perkalian 2a dan b dapat ditulis dengan
2ab
Perkalian suku
tunggal dengan suku dua, tiga atau suku banyak
Misalkan
terdapat bentuk aljabar x dan xy + 4 maka hasil kali x dan xy + 4 dapat ditulis
x( xy + 4 ) = xxy + x 4
=
Begitu
juga halnya perkalian suku tunggal dengan suku tiga dan suku banyak.
Perkalian
suku dua dengan suku dua
Perkalian suku dua dengan suku dua dapat
dicari dengan menggunakan hukum distributif dan skema
1. Hukum distributif
Perkalian dua suku
bentuk aljabar (a + b) dan (c + d) dengan hokum distributif dapat ditulis
sebagai berikut.
(a + b)(c + d) =
(a + b)c + (a + b)d
=
ac + bc + ad + bd
=
ac + ad + bc + bd
2.
Dengan skema
Secara
skema, perkalian ditulis:
Cara seperti ini merupakan cara lain yang dapat digunakan
untuk menyelesaikan perkalian antara dua buah suku bentuk aljabar.
Hasil pembagian
dua bentuk aljabar dapat dinyatakan dalam bentuk yang paling sederhana dengan
memerhatikan faktor-faktor atau variable yang sama.
Bentuk aljabar 2a
dan a mempunyai factor yang sama yaitu a, sehingga hasil pembagian 2a:a dapat
disederhanakan yaitu 2.
Kamu
telah mempelajari definisi bilangan berpangkat. Pada bagian ini materi tersebut
akan dikembangkan, yaitu memangkatkan bentuk aljabar. Seperti yang telah kamu
ketahui, bilangan berpangkat didefinisikan sebagai berikut.
Untuk a bilangan riil
dan n bilangan asli.
Pemangkatan pada bentu
aljabar adalah perkalian berulang dari bilangan pokok
Jadi
Dan seterusnya
Sekarang,
bagaimana dengan bentuk (a + b)2. Bentuk (a + b)2
merupakan bentuk lain dari (a + b) (a + b). Jadi, dengan menggunakan sifat
distributif, bentuk (a + b)2 dapat ditulis:
(a
+ b)2 = (a + b) (a + b)
=
(a + b)a + (a + b)b
=
a2 + ab + ab + b2
=
a2 + 2ab + b2
Dengan cara yang sama,
bentuk (a – b)2 juga dapat ditulis sebagai:
(a
– b)2 = (a – b) (a – b)
= (a – b)a + (a – b)(–b)
= a2 – ab –
ab + b2
= a2 – 2ab
+ b2
Selanjutnya, akan
diuraikan bentuk (a + b)3, sebagai berikut.
(a + b)3 =
(a + b) (a + b)2
= (a +
b) (a2 + 2ab + b2)
(a+b)2 = a2 + 2ab + b2
= a(a2 + 2ab + b2 ) + b (a2 + 2ab + b2 ) (menggunakan cara skema)
= a3 + 2a2b + ab2 + a2b + 2ab2 + b3 (suku yang sejenis dikelompokkan)
= a3 + 2a2b + a2b + ab2 +2ab2 + b3 (operasikan suku-suku yang sejenis)
= a3 + 3a2b + 3ab2 + b3
= a(a2 + 2ab + b2 ) + b (a2 + 2ab + b2 ) (menggunakan cara skema)
= a3 + 2a2b + ab2 + a2b + 2ab2 + b3 (suku yang sejenis dikelompokkan)
= a3 + 2a2b + a2b + ab2 +2ab2 + b3 (operasikan suku-suku yang sejenis)
= a3 + 3a2b + 3ab2 + b3
Untuk menguraikan
bentuk aljabar (a + b)2, (a + b)3, dan (a + b)4,
dapat diselesaikan dalam
waktu singkat. Akan tetapi, bagaimana dengan bentuk aljabar (a + b)5,
(a + b)6, (a + b)7, dan seterusnya? Untuk memudahkan
penguraian perpangkatan bentuk-bentuk aljabar tersebut, kamu bisa menggunakan
pola segitiga Pascal . Sekarang, perhatikan pola segitiga Pascal berikut.
Hubungan antara segitiga
Pascal dengan perpangkatan suku dua bentuk aljabar adalah sebagai berikut.
Sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa bentuk
aljabar (a + b)2 dapat diuraikan menjadi a2 + 2ab + b2.
Jika koefisien-koefisiennya dibandingkan dengan baris ketiga pola segitiga
Pascal, hasilnya pasti sama, yaitu 1, 2, 1. Ini berarti, bentuk aljabar (a + b)2
mengikuti pola segitiga Pascal. Sekarang, perhatikan variabel pada bentuk a2
+ 2ab + b2. Semakin ke kanan, pangkat a semakin berkurang (a2
kemudian a). Sebaliknya, semakin ke kanan pangkat b semakin bertambah (b
kemudian b2). Jadi, dengan menggunakan pola segitiga Pascal dan
aturan perpangkatan variabel, bentuk-bentuk perpangkatan suku dua (a + b)3,
(a + b)4, (a + b)5, dan seterusnya dapat diuraikan
sebagai berikut.
(a + b)3 = a3
+ 3a2b + 3ab2 + b3
(a + b)4 = a4
+ 4a3b + 6a2b2 + 4ab3 + b4
(a + b)5 = a5
+ 5a4b + 10a3b2 + 10a2b3
+ 5ab4 + b5
dan seterusnya.
Perpangkatan bentuk
aljabar (a – b)n dengan n bilangan asli juga mengikuti pola segitiga
Pascal. Akan tetapi, tanda setiap koefisiennya selalu berganti dari (+) ke (–),
begitu seterusnya. Pelajarilah uraian berikut.
(a – b)2 = a2
– 2ab + b2
(a – b)3 = a3
– 3a2b + 3ab2 – b3
(a – b)4 = a4
– 4a3b + 6a2b2 – 4ab3 + b4
Menyelesaikan persamaan dalam kehidupan
Untuk menyelesaikan soal-soal dalam kehidupan
sehari-hari yang berbentuk cerita, maka langkah-langkah berikut dapat mempermudah
penyelesaian.
1.
Jika memerlukan diagram, duat diagram sesuai
soal cerita
2.
Menterjemahkan kalimat cerita menjadi kalimat
matematika dalam bentuk persamaan
3.
Menyelesaika persamaan tersebut
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan Pertama
No
|
KEGIATAN PENDIDIK
|
KEGIATAN PESERTA
DIDIK
|
ALOKASI WAKTU
|
A
|
PENDAHULUAN
a. Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial).
b. Meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
c. Apersepsi
: Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
d. Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi
ini.
e. memberikan informasi kepada Peserta Didik
tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa
ingin tahu)
f. Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang
model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal
dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
a. Duduk dengan tenang(NK: menghargai)
b. Berdo’a bersama (NK: Religius)
c. mengingat kembali tentang bentuk
persamaan linear.
d. Mendengarkan
penjelasan pendidik.
e. mendengarkan dan memperhatikan penjelasan
dari pendidik (NK : menghargai)
f. mendengarkan dan memperhatikan penjelasan
dari pendidik (NK : menghargai)
|
menit
|
B
|
KEGIATAN INTI
1. Eksplorasi
a.
menjelaskan
tentang operasi bentuk aljabar secara singkat
b.
membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
2. Elaborasi
a. meminta siswa
membahas operasi bentuk aljabar sesuai kelompok
b. perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
c. membahas hasil
diskusi secara bersama-sama
d. mengadakan
interaksi aktif dengan peserta didik
e. Memberikan
sol-soal latihan yang berkaitan dengan materi.
f. Membahas
soal-soal yang dianggap sulit oleh peserta didik
3. Konfirmasi
a. Meminta peserta
didik mengumpulkan hasil diskusi
b. Memberikan umpan
balik dan penguatan terhadap hasil diskusi
c. Melakukan
evaluasi terhadap jalannya diskusi
|
1.
Eksplorasi
a. mendengar dan
memperhatikan.
b. Duduk dengan
tertib bersama anggota kelompok masing-masing
2.
Elaborasi
a. mendiskusikan mengenai operasi pada aljabar
.(komunikatif, rasa ingin tahu, demokratis
b. Mempresentasikan
hasil diskusi
c. Memperhatikan
dan membandingkan dengan hasil diskusi kelompok sendiri.
d. Melakukan
interaksi aktif baik sesama peserta didik, maupun dengan pendidik
e. Mengerjakan
sosal yang diberikan pendidik
f. Membahas soal
yang dianggap sulit
3.
konfirmasi
a.
Mengumpulkan hasil diskusi
b.
Mendengar dan memperhatikan
c.
Mendengar,memperhatikan dan memberi tanggapan
|
menit
menit
menit
|
C
|
PENUTUP
1. bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. memberikan penghargaan kepada kelompok yang
terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
3. memberikan Kuis (NK: rasa Ingin Tahu)
4. merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR)
6. mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini
dengan mengucapkan hamdalah (NK:
Religius)
|
PENUTUP
1. menyimpulkan
materi pelajaran bersama dengan pendidik.
2. Mendengarkan dan
memperhatikan
3. Mengerjakan kuis
yang diberikan pendidik sesuai instruksi pendidik
4. Mendengarkan dan
menanggapi penjelasan peserta didik
5. Menerima
pekerjaan rumah
6. Membaca hamdalah
bersama-sama.
|
menit
|
Pertemuan
kedua
No
|
KEGIATAN PENDIDIK
|
KEGIATAN PESERTA
DIDIK
|
ALOKASI WAKTU
|
A
|
PENDAHULUAN
a. Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial).
b. Meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
c.
Mengajak peserta didik mengingat kembali tentang operasi pada
aljabar yang telah dipelajari
d.
menyampaikan tujuan pembelajaran
e.
Menyampaikan bahwa apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka peserta didik dapat mengaitkan dengan kehidupan
sehari-hari.
|
a. Duduk dengan tenang(NK: menghargai)
b. Berdo’a bersama (NK: Religius)
c. mengingat kembali tentang operasi aljabar
.
g. Mendengarkan
penjelasan pendidik.
h. mendengarkan dan memperhatikan penjelasan
dari pendidik (NK : menghargai)
|
10
menit
|
B
|
KEGIATAN INTI
1. Eksplorasi
a.
menjelaskan
tentang pemakaian operasi aljabar pada kehidupan sehari-hari
b.
menyuruh
peserta
didik mengamati kehidupan
sehari-harinya yang berhubungan dengan operasi aljabar
c.
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dan memberikan
materi diskusi.(inovatif )
2. Elaborasi
a.
Meminta peserta didik melaksanakan diskusi
b.
Membimbing peserta didik dalam melaksanakan diskusi
c.
meminta
perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusinya. (komunikatif, mengahargai prestasi)
3. Konfirmasi
a.
memberikan
ulasan dan penekanan konsep terhadap hasil diskusi kelompok siswa
|
1.
Eksplorasi
a.
Mendengar dan memperhatikan (saling menghargai
,ingin tahu )
b.
Mengamati kehidupan sehari-hari yang berhubungan
dengan operasi aljabar
c.
Duduk dengan anggota kelompok masing-masing
4.
Elaborasi
a. Melaksanakan
diskusi dengan anggota kelompok
b. Melaksanakan
diskusi dibawah bimbingan pendidik
c. Mempresentasikan
hasil diskusi
5.
Konfirmasi
a. Mendengar dan
memperhatikan
|
menit
menit
|
C
|
PENUTUP
1. bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. memberikan penghargaan kepada kelompok yang
terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
3. merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
4. Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR)
5. mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini
dengan mengucapkan hamdalah (NK:
Religius)
|
PENUTUP
1. menyimpulkan
materi pelajaran bersama dengan guru.
2. Mendengarkan dan
memperhatikan
3. Mendengarkan dan
menanggapi penjelasan peserta didik
4. Menerima
pekerjaan rumah
5. Membaca hamdalah
bersama-sama.
|
5menit
|
E.
Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
1.
Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VII Semester 1,
2.
Buku referensi lain.
F.
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
Ø Melakukan
operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
Ø
Menerapkan operasi hitung pada bentuk
aljabar untuk menyelesaikan soal
|
Tes
tertulis
|
Tes
uraian
|
1. Hitunglah.
a. 2p – 3p2 + 2q – 5q2 + 3p
b. 6m + 3(m2 – n2) – 2m2 + 3n2
Selesaikan perkalian-perkalian berikut dengan menggunakan
cara skema.
(3x + 4)(x – 8)
Tentukan hasil pembagian dari
a.
12
b.
2. Sebuah tabung berisi 3 liter campuran
alkohol – air 20%. Berapa liter campran alkohol – air 70% harus ditambahkan
agar campuran itu menjadi campuran alkohol – air 40%.
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
.........,
......, ............... 20...
Guru
Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK
:…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar