Kamis, 17 Januari 2013

RPP Matematika Kelas VII Semester 1 KD.2.1 & KD.2.2 (Rahma Putri)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                 
                                             Nama Sekolah            :     .............................
                                             Mata Pelajaran           :     Matematika
                                             Kelas                         :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     1 (Satu)

Standar Kompetensi   :  ALJABAR     
2.       Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
                                    Pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar         :              2.1.Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Alokasi Waktu            :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.                                             Peserta didik mampu menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.
Karakter siswa yang diharapkan :Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.                                                     Materi Ajar
1.    Pengertian Bentuk Aljabarhttp://www.e-dukasi.net/images/blank.gif
Bentuk aljabar sangat penting dalam matematika. Seringkali jika kita akan menyelesaikan masalah dalam matematika, terlebih dahulu kita menyatakan permasalahan itu dalam bentuk aljabar. Suatu misal, Intan mempunyai 3 buah jeruk dan 2 buah apel. Bagaimanakah cara menuliskan banyaknya buah jeruk dan buah apel yang dimiliki oleh Intan dalam bentuk Aljabar ?
Dalam aljabar,
a.        buah jeruk dapat dilambangkan dengan j, sehingga 3 buah jeruk dapat ditulis 3j
b.      buah  apel dapat dilambangkan dengan a, sehingga 2 buah apel dapat ditulis 2a

Jadi, 3 buah jeruk dan 2 buah apel dapat ditulis 3j + 2a  
Masalah di atas dapat digambarkan sebagai berikut:
http://www.e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_500/Image/hal3.jpg
Perhatikan ilustrasi berikut
Banyak boneka Rika 5 lebihnya dari boneka Desy. Jika banyak boneka Desy dinyatakan dengan x maka banyak boneka Rika dinyatakan dengan x + 5. Jika boneka Desy sebanyak 4 buah maka boneka Rika sebanyak 9 buah.
Bentuk seperti (x + 5) disebut bentuk aljabar.
Bentuk aljabar adalah suatu bentuk matematika yang dalam penyajiannya memuat huruf-huruf untuk mewakili bilangan yang belum diketahui. Bentuk aljabar dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang tidak diketahui seperti banyaknya bahan bakar minyak yang dibutuhkan sebuah bis dalam tiap minggu, jarak yang ditempuh dalam waktu tertentu, atau banyaknya makanan ternak yang dibutuhkan dalam 3 hari, dapat dicari dengan menggunakan aljabar.
Contoh bentuk aljabar yang lain seperti 2x, –3p, 4y + 5, 2x2 – 3x + 7(x + 1)(x – 5), dan –5x(x – 1)(2x + 3). Huruf-huruf x, p, dan y pada bentuk aljabar tersebut disebut variabel.
2.      Variabel, konstanta dan koefisien
Perhatikan bentuk aljabar 5x + 3y + 8x – 6y + 9. Pada bentuk aljabar tersebut, huruf x dan y disebut variabel.
Variabel adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan
dengan huruf kecil a, b, c, ..., z.
Adapun bilangan 9 pada bentuk aljabar di atas disebut
konstanta.
Konstanta adalah suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel.
Adapun yang dimaksud koefisien adalah faktor konstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar.
Perhatikan koefisien masing-masing suku pada bentuk aljabar 5x + 3y + 8x – 6y + 9. Koefisien pada suku 5x adalah 5, pada suku 3y adalah 3, pada suku 8x adalah 8, dan pada suku –6y adalah –6.
Suku adalah variabel beserta koefisiennya atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.
Jika suatu bilangan a dapat diubah menjadi a = p q dengan a, p, q bilangan bulat, maka p dan q disebut faktor-faktor dari a.
Pada bentuk aljabar 5x dapat diuraikan sebagai 5x = 5 dikali x atau  5x = 1dikali 5x. Jadi, faktor-faktor dari 5x adalah 1, 5, x, dan 5x.
a.        Suku satu adalah bentuk aljabar yang tidak dihubungkan oleh operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 3x, 2a2, –4xy
b.       Suku dua adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh satu operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 2x + 3, a2 – 4, 3x2 – 4x
c.        Suku tiga adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh dua operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 2x2 – x + 1, 3x + y xy
Bentuk aljabar yang mempunyai lebih dari dua suku disebut suku banyak
Suku-suku pada bentuk aljabar disebut sejenis bila terdiri dari variabel yang sama dan pangkat variabel yang bersesuaian adalah sama
Perhatikan suku 4a2 dan –a2.  Pangkat dari a pada kedua suku tersebut sama, yaitu 2.
Sehingga kedua suku tersebut dinamakan suku sejenis
Suku tak sejenis adalah suku yang memiliki variabel dan pangkat dari masing-masing variabel yang tidak sama.
Contoh: 2x dan –3x2, –y dan –x3, 5x dan –2y, ...
C.  Metode Pembelajaran
     Model pembelajaran   : kooperatif tipe Numbered Head Together
Metode pembelajaran:         - diskusi
                                           - tanya jawab
                                           - penugasan/pemberian tugas
D.  Langkah-langkah Kegiatan.         
No
KEGIATAN PENDIDIK
KEGIATAN PESERTA DIDIK
ALOKASI WAKTU
A
PENDAHULUAN
a.  Memperhatikan Kehadiran   Peserta didik (NK:Peduli Sosial).
b.  Meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
c.  Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
e.  memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
f.    Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)

a.     Duduk dengan tenang(NK: menghargai)
b.     Berdo’a bersama (NK: Religius)
c.     mengingat kembali tentang bentuk persamaan linear.
d.     Mendengarkan penjelasan pendidik.

e.     mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
f.       mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 

10 menit















B
KEGIATAN INTI
1.  Eksplorasi
a.    Membentuk peserta didik kedalam beberapa kelompok (demokratis ), dan memberi nomor pada masing-masing siswa.


b.    melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari  dari aneka sumber;
c.    memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d.    melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2.  Elaborasi
a.    Memberikan LKS kepada peserta didik untuk dikerjakan secara berkelompok
b.    Memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan

c.    Memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan
3.  Konfirmasi
a.       Meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.


b.      Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
c.       memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
d.      memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
f.        Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

1.    Eksplorasi
a.    Membentuk kelompok sesuai petunjuk pendidik, dan mengingat nomor yang telah diberikan. (NK:Menghargai,tanggung-jawab,disiplin, demokratis)
b.    Mampu menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis
c.    Melakukan interaksi dengan sesama peserta didik dan guru, serta sumber belajar lainnya, dengan batuan guru.
d.    Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara aktif

2.    Elaborasi
a.    Menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)

b.    mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu yang ditentukan.(NK:Tanggung jawab, disiplin)
c.    berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

3.    Konfirmasi
a.    peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain mendengarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
b.    mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)



c.    memberikan pertanyaan terhadap materi yang dirasa sulit

d.    melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar dengan bimbingan pendidik.
e.    Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan pendidik.
f.      Menyerahkan hasil diskusi.


5menit












15menit












 menit
















C
PENUTUP
1) bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2) memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
3) memberikan Kuis (NK: rasa Ingin Tahu)
4) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5) Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
6) mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
PENUTUP
1.    menyimpulkan materi pelajaran bersama dengan guru.
2.    Mendengarkan dan memperhatikan
3.    Mengerjakan kuis yang diberikan pendidik sesuai instruksi pendidik
4.    Mendengarkan dan menanggapi penjelasan peserta didik





5.    Menerima pekerjaan rumah

6.    Membaca hamdalah bersama-sama.
5menit

E.           alat dan Sumber Belajar
         Sumber : 
1.   Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,    
2.   Buku referensi lain.
F.            Penilaian Hasil Belajar 
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
1. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….


( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.


( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                 
                                             Nama Sekolah            :     .............................
                                             Mata Pelajaran           :     Matematika
                                             Kelas                         :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     1 (Satu)

Standar Kompetensi   :  ALJABAR     
2.   Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar                     :   2.2.Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
Alokasi Waktu            :  6 jam pelajaran (3 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.                                             Peserta didik mampu menyelesaikan operasipenjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
2.                                             Peserta didik mampu menyelesaikan operasi perkalian suku tunggal dengan suku dua
3.                                             Peserta didik mampu menyelesaikan perkalian suku dua dengan suku dua
4.                                             Peserta didik mampu menyelesaikan pembagian suku tunggal bentuk aljabar
5.                                             Peserta didik mampu menyelesaikan suku tunggal  berpangkat
6.                                             Peserta didik mampu menggunakan operasi hitung bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari .
Karakter siswa yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B.  Materi Ajar
     Pertemuan pertama
Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar
Pada bagian ini, kamu akan mempelajari cara menjumlahkan dan mengurangkan suku-suku sejenis pada bentuk aljabar. Pada dasarnya, sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan yang berlaku pada bilangan riil, berlaku juga untuk penjumlahan dan pengurangan pada bentuk-bentuk aljabar, sebagai berikut.
a.      Sifat Komutatif
a + b = b + a, dengan a dan b bilangan riil
b.      Sifat Asosiatif
(a + b) + c = a + (b +c), dengan a, b, dan c bilangan riil
c.       Sifat Distributif
a (b + c) = ab + ac, dengan a, b, dan c bilangan riil
Perkalian Bentuk Aljabar
Perkalian suku tunggal dengan suku tunggal
Misalkan terdapat bentuk aljabar 2a dan b maka perkalian 2a dan b dapat ditulis dengan 2ab
Perkalian suku tunggal dengan suku dua, tiga atau suku banyak
Misalkan terdapat bentuk aljabar x dan xy + 4 maka hasil kali x dan xy + 4 dapat ditulis
      x( xy + 4 ) = xxy + x  4
                        =
            Begitu juga halnya perkalian suku tunggal dengan suku tiga dan suku banyak.
     Perkalian suku dua dengan suku dua
Perkalian suku dua dengan suku dua dapat dicari dengan menggunakan hukum distributif dan skema
1.      Hukum distributif
Perkalian dua suku bentuk aljabar (a + b) dan (c + d) dengan hokum distributif dapat ditulis sebagai berikut.
(a + b)(c + d)         = (a + b)c + (a + b)d
= ac + bc + ad + bd
= ac + ad + bc + bd
2.      Dengan skema
Secara skema, perkalian ditulis:
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/8/88/Rumus_aljabar_1.jpg
Cara seperti ini merupakan cara lain yang dapat digunakan untuk menyelesaikan perkalian antara dua buah suku bentuk aljabar.
Pembagian Bentuk Aljabar
Hasil pembagian dua bentuk aljabar dapat dinyatakan dalam bentuk yang paling sederhana dengan memerhatikan faktor-faktor atau variable yang sama.
Bentuk aljabar 2a dan a mempunyai factor yang sama yaitu a, sehingga hasil pembagian 2a:a dapat disederhanakan yaitu 2.  
Perpangkatan Bentuk Aljabar
Kamu telah mempelajari definisi bilangan berpangkat. Pada bagian ini materi tersebut akan dikembangkan, yaitu memangkatkan bentuk aljabar. Seperti yang telah kamu ketahui, bilangan berpangkat didefinisikan sebagai berikut.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/c/cc/Rumus_aljabar_2.jpg
Untuk a bilangan riil dan n bilangan asli.
Pemangkatan pada bentu aljabar adalah perkalian berulang dari bilangan pokok
Jadi
      
      
       Dan seterusnya
Sekarang, bagaimana dengan bentuk (a + b)2. Bentuk (a + b)2 merupakan bentuk lain dari (a + b) (a + b). Jadi, dengan menggunakan sifat distributif, bentuk (a + b)2 dapat ditulis:
(a + b)2        = (a + b) (a + b)
= (a + b)a + (a + b)b
= a2 + ab + ab + b2
= a2 + 2ab + b2
Dengan cara yang sama, bentuk (a – b)2 juga dapat ditulis sebagai:
(a – b)2 = (a – b) (a – b)
 = (a – b)a + (a – b)(–b)
= a2 – ab – ab + b2
= a2 – 2ab + b2
Selanjutnya, akan diuraikan bentuk (a + b)3, sebagai berikut.
(a + b)3        = (a + b) (a + b)2
= (a + b) (a2 + 2ab + b2)                                  (a+b)2 = a2 + 2ab + b2
            = a(a2 + 2ab + b2 ) + b (a2 + 2ab + b2 )         (menggunakan cara skema)
            = a3 + 2a2b + ab2 + a2b + 2ab2 + b3              (suku yang sejenis dikelompokkan)
            = a3 + 2a2b + a2b + ab2 +2ab2 + b3   (operasikan suku-suku yang sejenis)           
             = a3 + 3a2b + 3ab2 + b3
Untuk menguraikan bentuk aljabar (a + b)2, (a + b)3, dan (a + b)4, dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Akan tetapi, bagaimana dengan bentuk aljabar (a + b)5, (a + b)6, (a + b)7, dan seterusnya? Untuk memudahkan penguraian perpangkatan bentuk-bentuk aljabar tersebut, kamu bisa menggunakan pola segitiga Pascal . Sekarang, perhatikan pola segitiga Pascal berikut.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/9/94/Pascal.jpg
Hubungan antara segitiga Pascal dengan perpangkatan suku dua bentuk aljabar adalah sebagai berikut.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/0/00/Pascal2.jpg
Sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa bentuk aljabar (a + b)2 dapat diuraikan menjadi a2 + 2ab + b2. Jika koefisien-koefisiennya dibandingkan dengan baris ketiga pola segitiga Pascal, hasilnya pasti sama, yaitu 1, 2, 1. Ini berarti, bentuk aljabar (a + b)2 mengikuti pola segitiga Pascal. Sekarang, perhatikan variabel pada bentuk a2 + 2ab + b2. Semakin ke kanan, pangkat a semakin berkurang (a2 kemudian a). Sebaliknya, semakin ke kanan pangkat b semakin bertambah (b kemudian b2). Jadi, dengan menggunakan pola segitiga Pascal dan aturan perpangkatan variabel, bentuk-bentuk perpangkatan suku dua (a + b)3, (a + b)4, (a + b)5, dan seterusnya dapat diuraikan sebagai berikut.
(a + b)3 = a3 + 3a2b + 3ab2 + b3
(a + b)4 = a4 + 4a3b + 6a2b2 + 4ab3 + b4
(a + b)5 = a5 + 5a4b + 10a3b2 + 10a2b3 + 5ab4 + b5
dan seterusnya.
Perpangkatan bentuk aljabar (a – b)n dengan n bilangan asli juga mengikuti pola segitiga Pascal. Akan tetapi, tanda setiap koefisiennya selalu berganti dari (+) ke (–), begitu seterusnya. Pelajarilah uraian berikut.
(a – b)2 = a2 – 2ab + b2
(a – b)3 = a3 – 3a2b + 3ab2 – b3
(a – b)4 = a4 – 4a3b + 6a2b2 – 4ab3 + b4
(a – b)5 = a5 – 5a4b + 10a3b2 – 10a2b3 + 5ab4 – b5
Menyelesaikan persamaan dalam kehidupan
Untuk menyelesaikan soal-soal dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk cerita, maka langkah-langkah berikut dapat mempermudah penyelesaian.
1.         Jika memerlukan diagram, duat diagram sesuai soal cerita
2.         Menterjemahkan kalimat cerita menjadi kalimat matematika dalam bentuk persamaan
3.         Menyelesaika persamaan tersebut

C.  Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D.  Langkah-langkah Kegiatan
          Pertemuan Pertama     














No
KEGIATAN PENDIDIK
KEGIATAN PESERTA DIDIK
ALOKASI WAKTU
A
PENDAHULUAN
a.    Memperhatikan Kehadiran   Peserta didik (NK:Peduli Sosial).
b.   Meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
c.    Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.   Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
e.    memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
f.     Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)

a.    Duduk dengan tenang(NK: menghargai)
b.    Berdo’a bersama (NK: Religius)
c.    mengingat kembali tentang bentuk persamaan linear.
d.    Mendengarkan penjelasan pendidik.

e.    mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

f.      mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 

 menit















B
KEGIATAN INTI
1.  Eksplorasi
a.     menjelaskan tentang operasi bentuk aljabar secara singkat
b.     membagi siswa kedalam beberapa kelompok.


2.  Elaborasi
a.    meminta siswa membahas operasi bentuk aljabar sesuai kelompok

b.    perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
c.    membahas hasil diskusi secara bersama-sama


d.    mengadakan interaksi aktif dengan peserta didik

e.    Memberikan sol-soal latihan yang berkaitan dengan materi.
f.      Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh peserta didik

3.  Konfirmasi
a.    Meminta peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
b.    Memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil diskusi
c.    Melakukan evaluasi terhadap jalannya diskusi


1.    Eksplorasi
a.    mendengar dan memperhatikan.
b.    Duduk dengan tertib bersama anggota kelompok masing-masing

2.    Elaborasi
a.    mendiskusikan mengenai operasi pada aljabar .(komunikatif, rasa ingin tahu, demokratis
b.    Mempresentasikan hasil diskusi

c.    Memperhatikan dan membandingkan dengan hasil diskusi kelompok sendiri.
d.    Melakukan interaksi aktif baik sesama peserta didik, maupun dengan pendidik
e.    Mengerjakan sosal yang diberikan pendidik
f.      Membahas soal yang dianggap sulit


3.    konfirmasi
a.    Mengumpulkan hasil diskusi

b.    Mendengar dan memperhatikan

c.    Mendengar,memperhatikan dan memberi tanggapan


menit












menit












 menit








C
PENUTUP
1.    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.    memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
3.    memberikan Kuis (NK: rasa Ingin Tahu)

4.    merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.    Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
6.    mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
PENUTUP
1.    menyimpulkan materi pelajaran bersama dengan pendidik.

2.    Mendengarkan dan memperhatikan

3.    Mengerjakan kuis yang diberikan pendidik sesuai instruksi pendidik
4.    Mendengarkan dan menanggapi penjelasan peserta didik






5.    Menerima pekerjaan rumah

6.    Membaca hamdalah bersama-sama.
menit

          Pertemuan kedua
No
KEGIATAN PENDIDIK
KEGIATAN PESERTA DIDIK
ALOKASI WAKTU
A
PENDAHULUAN
a.     Memperhatikan Kehadiran   Peserta didik (NK:Peduli Sosial).
b.     Meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
c.     Mengajak peserta didik mengingat kembali tentang operasi pada aljabar yang telah dipelajari
d.      menyampaikan tujuan pembelajaran
e.     Menyampaikan bahwa apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka peserta didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
 
a.    Duduk dengan tenang(NK: menghargai)
b.    Berdo’a bersama (NK: Religius)
c.    mengingat kembali tentang operasi aljabar
.
g.    Mendengarkan penjelasan pendidik.
h.    mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
 

10 menit






B
KEGIATAN INTI
1.    Eksplorasi
a.    menjelaskan tentang pemakaian operasi aljabar pada kehidupan sehari-hari
b.    menyuruh peserta didik mengamati kehidupan sehari-harinya yang berhubungan dengan operasi aljabar
c.    membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dan memberikan materi diskusi.(inovatif )

2.  Elaborasi
a.    Meminta peserta didik melaksanakan diskusi
b.    Membimbing peserta didik dalam melaksanakan diskusi

c.    meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya. (komunikatif, mengahargai prestasi)
3.  Konfirmasi
a.    memberikan ulasan dan penekanan konsep terhadap hasil diskusi kelompok siswa


1.    Eksplorasi
a.    Mendengar dan memperhatikan (saling menghargai ,ingin tahu )
b.    Mengamati kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan operasi aljabar
c.    Duduk dengan anggota kelompok masing-masing



4.    Elaborasi
a.    Melaksanakan diskusi dengan anggota kelompok
b.    Melaksanakan diskusi dibawah bimbingan pendidik
c.    Mempresentasikan hasil diskusi


5.    Konfirmasi
a.       Mendengar dan memperhatikan


menit












menit


C
PENUTUP
1.    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.    memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
3.    merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
4.    Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
5.    mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
PENUTUP
1.    menyimpulkan materi pelajaran bersama dengan guru.
2.    Mendengarkan dan memperhatikan

3.    Mendengarkan dan menanggapi penjelasan peserta didik





4.    Menerima pekerjaan rumah

5.    Membaca hamdalah bersama-sama.
5menit


E.   Alat dan Sumber Belajar
         Sumber : 
1.    Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,
2.    Buku referensi lain.

F.                              Penilaian Hasil Belajar    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø      Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
Ø      Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

Tes tertulis
Tes uraian
1.      Hitunglah.
a. 2p – 3p2 + 2q – 5q2 + 3p
b. 6m + 3(m2 – n2) – 2m2 + 3n2
Selesaikan perkalian-perkalian berikut dengan menggunakan cara skema.
(3x + 4)(x – 8)
Tentukan hasil pembagian dari
a.                                                   12
b.                                                  

2.   Sebuah tabung berisi 3 liter campuran alkohol – air 20%. Berapa liter campran alkohol – air 70% harus ditambahkan agar campuran itu menjadi campuran alkohol – air 40%.

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….


Tidak ada komentar: