RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : .............................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : II (Dua)
Materi
Pokok : Bilangan
Alokasi
Waktu : 9 jam pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 4 x pertemuan
Standar Kompetensi : ALJABAR
3. Menggunakan bentuk
aljabar persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan
dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
3.3 Menggunakan
konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana.
Indikator :
1. Menghitung nilai
keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian.
2. Menentukan besar dan persentase
laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan
ekonomi.
Pertemuan I
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian.
B. Karakter siswa
yang diharapkan :
-
Disiplin ( Discipline
)
-
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
-
Tekun
( diligence )
-
Tanggung
jawab ( responsibility )
C. Metode
Pembelajaran
-
Strategi
Kooperatife Tipe STAD
D. Materi
Ajar
Misalkan kamu membeli satu kodi sarung
yang berisi 20 helai dengan harga Rp. 400.000,00, pasti kamu
akan bertanya berapa harga sehelainya? Harga sehelai sarung
merupakan hargasatuan atau harga per unit. Harga satu kodi sarung
merupakan nilai keseluruhan sarung
yang kalian beli. Bila harga satuan sudah diketahui, maka kamu dapat mencari
harga atau nilai sebagian dari
sarung yang kamu beli, misalkan harga 5 helai sarung.
Nilai keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian mempunyai
suatu hubungan, yaitu:
Nilai
Keseluruhan = banyak unit nilai perunit
Nilai
Perunit =
Nilai
sebagian = banyak sebagian unit nilai perunit
|
E.
Alokasi Waktu
-
2 x
40 Menit
F.
Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
|
LANGKAH
KEGIATAN
|
AKTIFITAS
SISWA
|
WAKTU
|
1. Kegiatan awal
· Menyiapkan
siswa
· Menyampaikan
batasan pelajaran
· Menyampaikan
tujuan pelajaran
· Apersepsi
· Motivasi
· Menjelaskan
cara pembelajaran
|
· Salam,
doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru
memusatkan perhatian siswa
· Guru
memberikan batasan materi pelajaran
yaitu menghitung nilai
keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkatkan materi tentang menyelesaikan
matematika suatu masalah yang
berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel yang
telah dipelajari siswa sebelumnya
·
Guru menyampaikan bahwa apabila materi
ini dikuasai dengan baik maka siswa
dapat menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit,
dan nilai sebagian.
· Guru menjelaskan cara belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD
|
· Siswa
membaca dan
Mendengarkan
· Siswa
melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan
mengikuti hal-hal yang disampaikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
|
10 menit
|
2.
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
|
· Guru meminta
siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan
materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran
dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai nilai keseluruhan, nilai perunit, dan nilai
sebagian
· Guru
membagi siswa dalam kelompok heterogen yang beranggotakan 3 - 5 siswa
|
· Siswa membaca buku materi pelajaran pada buku
sumber
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa
duduk dalam kelompok masing-masing
|
15 menit
|
· Elaborasi
|
· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi
kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru
memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil
diskusi
· Guru
bersama siswa membahas soal tes
|
· Siswa
saling bantu untuk memperdalam
materi dalam kelompoknya
· siswa
mengerjakan soal tes secara individu
· siswa
secara aktif membahas soal
|
15 menit
10 menit
5 menit
|
· Konfirmasi
|
· Guru
memberikan tanggapan atas jawaban
siswa
· Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan
mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru
memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti
pelajaran.
· guru
mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual
diumumkan pada pertemuan selanjutnya
|
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
bertanya
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
|
15 menit
|
3. Kegiatan
Akhir
|
· Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru
meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya yaitu menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga beli,
rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan materi
· Siswa
mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa
mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
|
10 menit
|
F.
Sarana dan Sumber Belajar
- Sarana
dan prsarana: Alat-alat tulis
- Sumber
belajar:
·
Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester
1,
·
Buku referensi lain.
I.
Penilaian
1.
Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2.
Prosedur : a.
Penilaian dalam proses belajar.
b.
Penilaian pada akhir pembelajaran.
2. Contoh
Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menghitung nilai keseluruhan, nilai
perunit dan nilai sebagian.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga 1 lusin pensil adalah RP 18.000,00.
a. Berapakah
harga 1 buah pensil?
b. Berapakah
harga 5 buah pensil
|
Pertemuan II
A. Tujuan
Pembelajaran
-
Siswa
dapat menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga
beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
B. Karakter siswa
yang diharapkan :
-
Disiplin ( Discipline
)
-
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
-
Tekun
( diligence )
-
Tanggung
jawab ( responsibility )
C. Metode
Pembelajaran
-
Strategi
Kooperatife Tipe STAD
D. Materi
Ajar
1.
Harga Pembelian, Harga Penjualan, Untung dan Rugi
Dalam
kegiatan perdagangan terdapat penjual
dan pembeli. Harga barang yang
dibeli penjual dari pabrik, grosir, atau tempat lainnya disebut modal. Sedangkan uang yang diterima
oleh pedagang dari hasil penjualan barang itu disebut harga penjualan.
a.
Untung
Penjualan
dikatakan untung jika harga penjualan lebih tinggi daripada harga pembelian.
Untung = Harga Penjualan – Harga Pembelian
|
b.
Rugi
Penjualan
dikatakan mengalami rugi jika harga penjualan lebih rendah daripada harga
pembelian (modal).
Rugi = Harga Pembelian – Harga
Penjualan
|
c.
Harga Pembelian dan Harga Penjualan
Dalam
perdagangan, keuntungan dapat diperoleh apabila harga penjualan lebih tinggi
daripada harga pembelian. Karena harga penjualan lebih tinggi daripada harga
pembelian, dan besar untung sama dengan harga pembelian, maka diperoleh
hubungan berikut.
Harga Penjualan = Harga Pembelian + Untung
Atau
Harga Pembelian = Harga Penjualan - Untung
|
2. Persentase Untung dan Rugi
Dalam
perdagangan, untung rugi sering kali dinyatakan dengan persen. Berikut ini
adalah persentase yang digunakan dalam perdagangan.
Persentase Untung =
Persentase Rugi =
|
3.
Rabat (Diskon), Bruto, Tara, dan Neto
a.
Rabat atau Diskon
Rabat
artinya potongan harga, rabat biasanya diberikan kepada pembeli dari suatu
grosir atau took tertentu. Diskon seringkali dijadikan alat untuk menarik para
pembeli, misalnya ada toko yang
melakukan obral dengan diskon 10% sampai 50%.
Untuk menentukan harga bersih dapat digunakan
rumus:
Harga Bersih = Harga Kotor – Rabat
|
Pada rumus di
atas, harga kotor adalah harga
sebelum dipotong diskon, dan harga
bersih adalah harga setelah dipotong diskon.
b.
Bruto, Tara, dan Neto
Sebuah
karung berisi beras dengan berat seluruhnya 100 kg. jika berat karung 0,80 kg,
maka;
Berat
beras = 100 kg – 0,80 kg
= 99,20 kg
Berat
karung dan beras yaitu 100 kg disebut bruto
(berat kotor)
Berat
karung 0,80 kg disebut tara,
Berat
beras 99,20 kg disebut neto (berat
bersih)
Jadi
hubungan bruto, tara dan neto dapat dirumuskan sebagai berikut:
Neto = Bruto – Tara
|
Jika
diketahui persen tara dan bruto, maka untuk mencari tara digunakan rumus:
Tara = Persen Tara Bruto
|
Untuk
setiap pembelian yang mendapatkan potongan berat (tara) dapat digunaan rumus:
Harga Bersih = Neto
|
4.
Bunga Tabungan (Bunga Tunggal)
Bunga
tabungan biasanya dihitung dalam persen yang berlaku untuk jangka waktu 1
tahun. Bunga 15% per tahun artinya tabungan akan mendapatkan bunga 15% jika
telah disimpan di bank Selma 1 tahun.
1.
Bunga 1 tahun = persen
bunga modal
2.
Bunga b bulan = persen bunga modal
= bunga 1 tahun.
3.
Persen bunga selalu
dinyatakan untuk 1 tahun, kecuali jika ada keterangan lain pada soal
|
E.
Alokasi Waktu
-
2 x
40 Menit
F.
Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
|
LANGKAH
KEGIATAN
|
AKTIFITAS
SISWA
|
WAKTU
|
1. Kegiatan awal
· Menyiapkan
siswa
· Menyampaikan
batasan pelajaran
· Menyampaikan
tujuan pelajaran
· Apersepsi
· Motivasi
|
· Salam,
doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru
memusatkan perhatian siswa
· Guru
memberikan batasan materi pelajaran
yaitu menentukan besar dan persentase laba, rugi,
harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
· Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkan materi tentang menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit
dan nilai sebagian yang telah
dipelajari siswa sebelumnya.
· Guru
menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual,
harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
|
· Siswa
membaca dan
Mendengarkan
· Siswa
melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan
mengikuti hal-hal yang disampaikan guru
|
10 menit
|
2.
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
|
· Guru
meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran
dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai besar dan persentase
laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan
ekonomi.
· Guru memerintahkan siswa untuk duduk dalam
kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya
|
· Siswa membaca buku materi pelajaran pada buku
sumber
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa
duduk dalam kelompok masing-masing
|
15 menit
|
· Elaborasi
|
· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi
kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru
memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil
diskusi
· Guru
bersama siswa membahas soal tes
|
· Siswa
saling bantu untuk memperdalam
materi dalam kelompoknya
· siswa
mengerjakan soal tes secara individu
· siswa
secara aktif membahas soal
|
15 menit
10 menit
5 menit
|
· Konfirmasi
|
· Guru
memberikan tanggapan atas jawaban
siswa
· Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan
mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru
memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti
pelajaran.
· guru
mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual
diumumkan pada pertemuan selanjutnya
|
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswamengajukan
pertanyaan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
|
15 menit
|
3. Kegiatan
Akhir
|
· Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru
meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai menjelaskan pengertian skala sebagai
suatu perbandingan.
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan materi
· Siswa
mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa
mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
|
10 menit
|
G. Sarana
dan Sumber Belajar
- Sarana
dan prsarana: Alat-alat tulis
- Sumber
belajar:
·
Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester
1,
·
Buku referensi lain.
II.
Penilaian
1.
Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2.
Prosedur : a.
Penilaian dalam proses belajar.
b.
Penilaian pada akhir pembelajaran.
3. Contoh
Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menentukan besar dan persentase laba,
rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda
|
Seorang pedagang,
Pak Rifki menjual televise seharga RP 1.650.000,00. Dari
penjualan itu pak Rifki mengambil
untung sebesar 10%.
Harga beli
televise itu adalah:
a. RP 1.815.000,00
b. RP 1.600.000,00
c. RP 1.500.000,00
d. RP
1.485.000,00
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar